Analisis Kemampuan Berpikir Kritispada Materi Bangun Segi Empat Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Gondang Tahun Pelajaran 2013/2014

Asmarani, Dewi (2014) Analisis Kemampuan Berpikir Kritispada Materi Bangun Segi Empat Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Gondang Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
10 ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI .pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika MateriBangun Segi Empat. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi Matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas kalau dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. dalam mengajar matematika seyogyanya juga tidak disamakan begitu saja dengan ilmu yang lain terutama matematika identik dengan suatu konsepkonsep yang mana jika konsep-konsep tersebut tidak dikuasai akan berdampak pada pembelajaran selanjutnya, sedangkan analisis adalah kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu. Tujuan penelitianini dilakukan adalahuntuk mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis pada Materi Bangun Segi Empat Siswa Kelas VIIA di SMP Negeri 1 Gondang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi secara menyeluruh melalui pengumpulan data yang diperoleh. Dengan pendekatan kualitatif, peneliti ingin memperoleh data yang mendalam sehingga dapat mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun segi empat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, pemilihan pendekatan ini adalah salah satu bagian yang penting karena digunakan sebagai pijakan dalam rangkaian kegiatan penelitian yang mencakup didalamnya standar dan cara kerja atau prosedur tertentu dalam proses penelitian seperti memilih, merumuskan masalah, menyaring data serta menentukan unit analisis yang akan diteliti. Hasil Penelitian berdasarkan pada paparan data yang telah dijelaskan diatas dapat kita ketahui bahwasannya penelitian mengenai Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Segi Empat Siswa Kelas VIIA di SMP Negeri 1 Gondang Tahun Pelajaran 2013/2014 mencapai tahap berfikir kritis sangat tinggiyaitu dengan sekor yang diperoleh 80% SM < K ≤ 100% SM dan ada juga yang hanya mencapai tahap berfikir kritis rendah yaitu dengan sekor yang diperoleh 20% SM < K ≤ 40% SM, di mana sebenarnya siswa-siswi mampu menganalisis pertanyaan, mampu memfokuskan pertanyaan, kurang mampu mengidentifikasi asumsi,juga mampu menentukan serta menuliskan jawaban dari permasalahan dalam soal, mampu menyimpulkan meskipun ada yang kurang sempurna, dan tidak mampu menentukan alternatif cara lain dalam menyelesaikan masalah. Saran yang dapat digali dalam penelitian ini adalah 1. Bagi sekolah, Dengan memperhatikan kemampuan berfikir kritis siswa dan upaya untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa diharapkan dapat menyediakan xv media yang efektif serta buku pelajaran yang bermutu yang dapat menunjang terlaksananya pembelajaran secara efektif. Sehingga mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. 2. Bagi guru matematika, Dengan mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa, guru dapat menerapkan serta mengembangkan metode-metode pengajaran yang dapat menunjang untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.3.Bagi siswa, Untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa diharapkan lebih aktif dan banyak berlatih soalsoal matematika yang bersifat pernyataan, soal yang ada kaitanya dengan kehidupan. Selain itu diharapkan siswa aktif bertanya dan berdiskusi dengan guru maupun teman sejawat mengenai kesulitan yang dialami. 4. Bagi peneliti lain, Hendaknya penelitian ini dijadikan sebagai kajian dan pengembangan penelitian lanjutan pada tempat maupun subjek lain dengan tema yang sama maupun berbeda. Dengan catatan sekurang-kurangnya dalam penelitian ini hendaknya direfleksikan untuk diperbaiki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 01:19
Last Modified: 02 Dec 2014 01:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item