Korespondensi Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) Mudharabah Anggota dan Liability Lembaga Lain Terhadap Return On Equity (Study Pada Lembaga Keuangan Syariah Non Bank di Tulungagung dan Blitar)

Dr. Binti Nur Asiyah, S.Pd.I., M.Si., 198008112011012007 (2018) Korespondensi Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) Mudharabah Anggota dan Liability Lembaga Lain Terhadap Return On Equity (Study Pada Lembaga Keuangan Syariah Non Bank di Tulungagung dan Blitar). Iqtishadia Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Madura.

[img]
Preview
Text
Korespondensi mudharabah.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh keterbatasan Lembaga keuangan syariah non bank (Baitul Maal wat Tamwil) dalam mengakses dana dari anggota. Undang-undang Perkoperasian tahun 2012 memberikan peluang bagi Koperasi untuk mengakses dana dari lembaga lain. Kondisi ini berdampak pada capaian keuntungan bagi pemilik ekuitas. Jika keuntungan rendah maka keberlangsungan lembaga terancam. Pemegang ekuitas memindah dananya ke dalam bisnis yang lebih menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Menganalis kondisi Dana Pihak Ketiga (DPK) mudharabah pada BMT Tulungagung dan Blitar. 2) Menganalis kondisi liability lembaga lain pada BMT di Tulungagung dan Blitar. 3). Menganalis kondisi return on equity pada BMT di Tulungagung dan Blitar. 4) Menguji pengaruh signifikan Dana Pihak Ketiga (DPK) mudharabah terhadap return on equity pada BMT di Tulungagung dan Blitar. 5) Menguji adanya pengaruh signifikan liability lembaga lain terhadap return on equity BMT di Tulungagung dan Blitar. 6) Menguji adanya pengaruh signifikan Dana Pihak Ketiga (DPK) mudharabah dan liability lembaga lain terhadap return on equity BMT di Tulungagung dan Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas data, uji asumsi klasik (Multikolineritas, heterokedastisitas, autokorelasi), uji regresi berganda, uji hipotesa, uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Kondisi Dana Pihak Ketiga (DPK) mudharabah anggota mengalami fluktuasi baik di Tulungagung maupun, di Blitar cenderung mengalami penurunan. 2)Kondisi liability lembaga lain lebih banyak dibutuhkan di Blitar, dibandingkan di Tulungagung. 3). Kondisi return on equity lebih besar di dapat di Blitar daripada di Tulungagung. 4) DPK mudharabah berpengaruh positif namun tidak signifikan secara statistik terhadap return on equity BMT di Tulungagung dan Blitar. 5)Liability pada lembaga lain memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan secara statistik terhadap return on equity BMT di Tulungagung dan Blitar. 6) Secara simultan variabel DPK mudharabah dan liability pada lembaga lain memberikan pengaruh dan tidak signifikan secara statistik terhadap return on equity BMT di Tulungagung dan Blitar

Item Type: Other
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dr. 198008112011012007 Binti Nur Asiyah
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:35
Last Modified: 23 Oct 2021 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22711

Actions (login required)

View Item View Item