STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 2 MIN 4 TULUNGAGUNG

NISWATUL KHASANAH, 12205173100 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 2 MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Daring Siswa Kelas 2 MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Niswatul Khasanah, NIM. 12205173100, pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag. M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring Penelitian ini membahas mengenai kondisi dunia pendidikan di Indonesia yang terkena imbas akibat mewabahnya covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan melalui daring atau online. Namun pada pembelajaran daring, siswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendorong untuk menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang dinginkan. Semangat belajar siswa dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dapat ditingkatkan dengan guru menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran. MIN 4 Tulungagung adalah madrasah yang meningkatkan motivasi belajar siswa dengan baik yaitu dengan guru menggunakan media dan metode pembelajaran. Selain itu juga ada kebijakan dari madrasah yaitu pembiasaan yang harus dilakukan siswa setiap hari dan dikirim melalui daring atau online dalam bentuk video, gambar atau voice note. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru melalui meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Lokasi peneliti ini terletak di MIN 4 Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan adalah dari wali kelas 2B, 2 guru kelas 2B dan 2 peserta didik kelas 2B. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan waktu, meningkatkan ketekunan, triangulasi, peer debreafing, dan member-check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung adalah dengan guru menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, menggunakan media pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran, dan guru menggunakan aplikasi yang mudah di jangkau oleh siswa. 2) strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung adalah dengan guru memberikan ulangan harian di setiap akhir atau habis pelajaran, guru memberikan apresiasi atau reward kepada siswa berupa emoticon atau kata-kata, dan guru bekerjasama dengan orang tua atau wali dari siswa. Selain itu juga ada kebijakan dari madrasah yaitu pembiasaan yang harus dilakukan siswa setiap hari dan dikirim melalui daring berupa video, gambar ataupun voice note. 3) faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring siswa kelas 2 MIN 4 Tulungagung adalah untuk faktor pendukungnya yaitu strategi yang dilakukan guru dalam pembelajaran, perhatian, bimbingan, dan pengawasan dari orang tua, fasilitas dari orang tua dan kerjasama guru dengan orang tua. kemudian untuk faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian, bimbingan, dan pengawasan dari oran tua, guru belum mengerti karakter siswa, kondisi siswa dalam belajar, dan kurangnya fasilitas dari orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173100 NISWATUL KHASANAH
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:14
Last Modified: 22 Oct 2021 06:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22890

Actions (login required)

View Item View Item