PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INFOGRAFIS MATERI KONDISI ALAM INDONESIA PADA SISWA KELAS 7 MTSN 4 BLITAR

IQFINATUL IKROMAH, 12209173077 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INFOGRAFIS MATERI KONDISI ALAM INDONESIA PADA SISWA KELAS 7 MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada materi tentang geografi dimana materi didalamnya banyak yang harus divisualisasikan. Berdasarkan yang observasi dan pengamatan peneliti pada praktek magang I dan II pada observasi saat itu banyak ditemukan permasalahan pada saat proses pembelajaran apa lagi dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring dikarenakan pandemi covid-19. Perserta didik banyak yang tidak mengikuti kegiatan pembelajaran daring sinyal, pembelajaran disuguhkan oleh kemenag dengan menyediakan E-learning Madrasah penggunaan media pembelajaran belum efektif karena website tersebut cukup besar dan apabila diakses dengan sinyal yang kurang memadahi maka sangat loading. Berdasarkan hal tersebut maka pengembangan media yang lebih mudah dengan menggunakan infografis, media pengajaran youtube dan whatsapp. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagimana proses pengembangan media pembelajaran animasi infografis pada materi kondisi alam Indonesia ? (2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran animasi infografis pada materi kondisi alam Indonesia dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Penelitian ini ditujukan untuk pengembangan media animasi infografis pada kondisi alam Indonesia untuk peningkatan motivasi belajar peserta didikPenelitian R&D atau pengembangan dengan teknik perolehan data primer dari tes dan observasi terhadap siswa di lapangan serta data sekunder berupa hasil validasi dari validator yang dipilih dari ahli materi, media, dan guru. Jumlah populasi penelitian sebanyak sekitar 300 orang siswa kelas VII dan dengan teknik purposive sampling diperoleh bahwa hasil sampel sebanyak 31 siswa kelas VII. Analisis data yang digunakan adalah uji beda menggunakan paired sample t-test dengan SPSS untuk mengetahui perbedaan dari pre dan post test. Hasil uji validasi dari validator media menunjukkan angka sebesar 87,5% dari keseluruhan dan telah dinyatakan berkriteria valid, ahli materi menunjukkan 87,75% dan juga dikatakan valid, serta dari guru pamong pengampu IPS di MTS setempat menunjukkan angka 86,25 valid. Hasil uji praktis efektifitas dari respon peserta didik anggota uji coba sekala kecil menunjukkan nilai ketuntasan 4 kriteria dan bernilai 83,88% maka dapat dianggap tuntas. Analisa pengamatan menunjukkan sebanyak 32% dari siswa telah bertanya secara aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk uji parametik uji beda menggunakan paired sample t-test menunjukkan signifikansi 0.001 yang kruang dari 0.05 sehingga kedua data yakni pre test dan post test terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S.Pd 12209173077 Iqfinatul Ikromah
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:28
Last Modified: 25 Oct 2021 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22919

Actions (login required)

View Item View Item