PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU ON-TASK ANAK HIPERAKTIF SAAT BELAJAR

AGUSTIN WULANDARI, 12308173135 and ZUN AZIZUL HAKIM, M.Psi, 19850930201431003 (2021) PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU ON-TASK ANAK HIPERAKTIF SAAT BELAJAR. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU ON-TASK ANAK HIPERAKTF SAAT BELAJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perilaku anak hiperaktif memiliki gerakan motorik yang tinggi dengan ditunjukan perilaku seperti tidak dapat duduk diam ditempat dalam jangka waktu tertentu, sering berlari kesana kemari. Kesulitan dalam mempertahankan fokus belajar, tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dan mudah terganggu terhadap stimulus dari luar. Anak dengan gangguan hiperaktif minim dapat perilaku fokus atau on-task. Minimnya perilaku on-task pada anak hiperaktif dapat mempengaruhi dalam menyesaikan tugas yang diberikan, anak akan merasa kesulitan dalam menyelesaikannya. Minimnya perilaku on-task pada anak perlu mendapatkan intervensi, yang berguna untuk meningkatkan perilaku on-task pada anak hiperaktif. Modifikasi perilaku dengan teknik token economy digunakan sebagai pendekatan dalam intervensi pada anak dengan perilaku hiperaktif.Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas token economy dalam meningkatkan perilaku on-task pada aktifitas belajar anak dengan perilaku hiperaktif. Penelitian berlangsung selama 16 sesi. Token yang akan digunakan stiker yang berbentuk hewan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan single subyek dengan desain Multipel Baseline Cross Variable. Subyek penelitian merupakan anak berusia 5 Tahun, 8 Bulan merupakan murid dari TK Inklusi dengan perilaku hiperaktif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik token economy dapat meningkatkan perilaku on task pada anak hiperaktif saat belajar. Kata kunci: Hiperaktif, Perilaku on – task, Token economy, Aktifitas belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308173135 AGUSTIN WULANDARI
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:34
Last Modified: 25 Oct 2021 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22930

Actions (login required)

View Item View Item