USAHA GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MI KARANGREJO KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK

VITA RIFATUL HIDAYAH, 12205173006 (2021) USAHA GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MI KARANGREJO KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vita Rifatul Hidayah, NIM: 12205173006. 2021. Usaha Guru dalam Penanaman Karakter Pada Peserta Didik melalui Pembelajaran Daring di MI Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh H. Muh Nurul Huda, M.A Kata Kunci: Usaha Guru, Penanaman Karakter, Pembelajaran Daring. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya virus covid-19 yang mengakibatkan banyak negara-negara yang menetapkan status lockdown atau karantina dan antisipasi lainnya guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Akibat pandemi ini sekolah-sekolah ditutup, tutupnya sekolah menyebabkan pembelajaran harus dilakukan secara daring. Beberapa kendala dihadapi guru selama pembelajaran daring, salah satunya yaitu guru mengalami kesulitan dalam menanamkan pendidikan karakter dalam diri peserta didik. Meskipun begitu, ada beberapa usaha yang dilakukan guru dalam menanamkan karakter dalam diri peserta didik. Adapun karakter yang ditanamkan yaitu sikap disiplin, sikap jujur dan sikap peduli social. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana usaha guru dalam penanaman karakter sikap disiplin pada peserta didik melalui pembelajaran daring di MI Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek?, 2) Bagaimana usaha guru dalam penanaman karakter sikap jujur pada peserta didik melalui pembelajaran daring di MI Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek ?, 3) Bagaimana usaha guru dalam penanaman karakter sikap peduli sosial pada peserta didik melalui pembelajaran daring di MI Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Karangrejo Kampak. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitiannya: 1) Usaha guru dalam penanaman karakter sikap disiplin pada peserta didik melalui pembelajaran daring di MI Karangrejo dilakukan dengan cara pemberian nasehat kepada peserta didik tentang pentingnya sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari, pemberian tugas dengan batasan waktu, penggunaan pendekatan kontekstual, penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran, memberikan reward maupun punishment yang sifatnya membangun guna melatih kedisiplinan siswa terhadap apa yang telah mereka lakukan. 2) Usaha guru dalam penanaman karakter sikap jujur pada peserta didik melalui pembelajaran daring di MI Karangrejo dilakukan dengan cara guru memberikan punishment kepada peserta didik yang berbohong agar mereka jera, guru memberikan teladan atau contoh kepada peserta didik untuk senantiasa menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan, guru memberikan pemahaman tentang pentingnya sikap jujur dan dampak yang diperoleh jika peserta didik melakukan kebohongan, guru memberikan peringatan pengurangan nilai bagi peserta didik yang berbohong, guru menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid sehingga tidak ada kesempatan bagi peserta didik untuk memanipulasi informasi, guru memberikan reward pada peserta didik yang berani mengakui kesalahannya. 3) Usaha guru dalam penanaman karakter sikap peduli sosial pada peserta didik melalui pembelajaran daring di MI Karangrejo dilakukan dengan cara pemberian motivasi dan nasehat di sela-sela kegiatan pembelajaran, guru sebagai teladan menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dengan cara mengajar peserta didik membayar infaq, mengumpulkan dana santunan anak yatim piatu dan membantu temannya yang membutuhkan pertolongan, penggunaan pendekatan kontekstual, penggunaan model pembelajaran problem based learning guna memupuk rasa peduli sosial peserta didik, penggunaan metode diskusi guna menanamkan sikap toleransi, kerjasama dan saling menghargai antar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173006 VITA RIFATUL HIDAYAH
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:30
Last Modified: 26 Oct 2021 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22935

Actions (login required)

View Item View Item