PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS NEGERI 2 KOTA BLITAR PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS

LAILI NURONA, 12211173010 (2021) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS NEGERI 2 KOTA BLITAR PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri 2 Kota Blitar pada Materi Tekanan Hidrostatis” ditulis oleh Laili Nurona, NIM. 12211173010, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Fisika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Tekanan Hidrostatis Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep dan motivasi belajar sangat diperlukan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Pemahaman yang baik terhadap suatu konsep khususnya dalam fisika akan membantu siswa dalam pemecahan masalah. Salah satu variabel yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa adalah motivasi belajar. Motivasi belajar sangat diperlukan guna membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap konsep fisika yang dipelajari. Jika motivasi belajar siswa tinggi, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa, sehingga terdapat hubungan timbal balik antara motivasi dengan pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa adalah model problem based learning. Melalui model ini pembelajaran akan lebih menarik dan bermakna karena siswa yang aktif dalam menggali dan menemukan sendiri pengetahuannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan problem based learning terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa MTS Negeri 2 Kota Blitar pada materi tekanan hidrostatis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy experimental dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 45 siswa dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning terhadap pemahaman konsep siswa MTs Negeri 2 Kota Blitar pada materi tekanan hidrostatis. Dari analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,001 dimana 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning terhadap motivasi belajar siswa MTs Negeri 2 Kota Blitar pada materi tekanan hidrostatis. Dari analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa MTs Negeri 2 Kota Blitar pada materi tekanan hidrostatis. Dari analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173010 Laili Nurona
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:00
Last Modified: 29 Oct 2021 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22983

Actions (login required)

View Item View Item