Wulandari, Fitri (2014) Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Cerita pada Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Drill dan Media Gambar Seri Siswa Kelas III MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo Panggungrejo Kabupaten Blitar. [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK INDONESIA_.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Metode Drill Media Gambar Seri, Kemampuan Menulis Cerita, Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap kegiatan menulis sebuah cerita dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang menjadikan penghambat untuk mencapai keberhasilan siswa dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar siswa yang menganggap bahwa pelajaran menulis cerita sangat membosankan dan membutuhkan pemahaman yang tinggi apabila penyajiannya kurang menarik dan tidak bervariasi. Hal ini erat kaitannya dengan cara yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode serta media yang cocok untuk siswa. Salah satu metode dan media yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan metode drill dan media gambar seri, alasannya yaitu agar metode drill ini dapat membuat siswa berlatih dalam menulis cerita dan media gambar tersebut dapat menununtun urutan kejadian atau kronologi cerita, sehingga siswa dapat terusik imajinasinya untuk menuangkan idenya dalam tulisan sesuai dengan gambar. Berdasarkan hal tersebut diharapkan siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode drill dan media gambar seri dalam pelajaran bahasa Indonesia dengan tema kegiatan sehari-hari siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Margomulyo Panggungrejo Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Apakah melalui penggunaan metode drill dan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita pada pelajaran bahasa Indonesia dengan tema kegiatan sehari-hari di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Margomulyo Panggungrejo Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penggunaan metode drill dan media gambar seri dalam pelajaran bahasa Indonesia dengan tema kegiatan sehari-hari siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Margomulyo Panggungrejo Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Untuk mendiskripsikan penggunaan metode drill dan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita pada pelajaran bahasa Indonesia dengan tema kegiatan sehari-hari siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Margomulyo Panggungrejo Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. xviii Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode drill dan media gambar seri pada pelajaran Bahasa Indonesia, akhirnya dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa lebih mudah memahami materi, dan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas III MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo Panggungrejo Kabupaten Blitar. Hal ini dibuktikan dari respon siswa yang sangat antusias dalam proses belajar mengajar yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas siswa 82%, masuk dalam kategori baik, pada siklus II 91,11% masuk dalam kategori sangat baik. Demikian halnya dengan hasil observasi peneliti pada siklus I 84% yang masuk dalam kategori baik dan pada siklus II 94% yang masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi untuk siklus I yaitu 74,53 untuk siklus II yaitu 80,03, dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa ada peningkatan yang signitifikan pada rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,5. Sedangkan ketuntasan belajar siswa siklus I 69,23% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92,30% yang masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas III pada pelajaran Bahasa Indonesia MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo Panggungrejo Kabupaten Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2014 02:36 |
Last Modified: | 30 Sep 2014 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23 |
Actions (login required)
View Item |