SEVI AFI FATULHANIAH, 12204173014 (2021) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII MTSN 4 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII MTsN 4 Trenggalek” ini ditulis oleh Sevi Afi Fatulhaniah, NIM. 12204173014, dengan dosen pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, pemahaman konsep matematis, materi himpunan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih kebingungan memahami konsep matematis pada materi himpunan. Perlu diketahui bahwa, salah satu kategori utama dari dasar materi pendidikan di sekolah menekankan pada pemahaman, agar seseorang dapat merasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pemahaman konsep matematis diangkat dalam penelitian ini. Pemahaman konsep itu sendiri merupakan kemampuan menjelaskan keterkaitan antara konsep dan pengaplikasian konsep dalam pemecahan masalah. Indikator pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan masalah yaitu, interpreting, exemplifyin, classifying, summarizing, inferring, comparing, dan explaining. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan matematis tinggi pada materi himpunan di kelas VII MTsN 4 Trenggalek. (2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan matematis sedang pada materi himpunan di kelas VII MTsN 4 Trenggalek. (3) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan matematis rendah pada materi himpunan di kelas VII MTsN 4 Trenggalek. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah studi kasus (case studies). Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dimulai dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Dari hasil tes, siswa dikelompokkan menjadi kategori kemampuan (tinggi, sedang, rendah) yang diwakili 2 subjek dari setiap kelompok kategori (total 6). Dari ke-6 subjek kemudian dilakukan proses wawancara yang berkaitan dengan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah dikerjakan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis dari kategori kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi himpunan yaitu sudah memahami 7 indikator pemahaman konsep matematis. (2) Pada kategori kemampuan sedang, kedua subjek kurang memahami indikator pemahaman konsep 6 dan 7. (3) Pada kategori kemampuan rendah, kedua subjek hanya memenuhi 2 dan 3 indikator pemahaman konsep, yaitu indicator 1, 3 dan 4, itupun belum maksimal, jadi kategori kemampuan rendah belum memahami indicator pemahaman konsep.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Himpunan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204173014 SEVI AFI FATULHANIAH |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 01:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 01:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23080 |
Actions (login required)
View Item |