PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

ALFI KUSNIATIN, 12201173399 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Spiritual Pada Peserta Didik MA Darul Huda Wonodadi Bitar” ini ditulis oleh Alfi Kusniatin, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 12201173399 Tahun 2021 dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kecerdasan Spiritual, Nilai-nilai Keagamaan Skripsi Penelitian Ini dilatar belakangi peran guru pendidikan agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual pada peserta didik MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan Islam. Seorang pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai- nilai keagamaan pada diri peserta didik dan tidak hanya mengerjakan materi saja akan tetapi implementasi juga perlu dilakukan dalam dunia pendidikan. Dengan demikian nilai-nilai keagamaan tidak hanya sekedar teori namun, akan tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Guru PAI berperan penting dalam perkembangan akhlak siswa. Oleh karena itu, peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar tercapai output yang berkualitas, karena dunia pendidikan saat ini hanya membina kecerdasan intelektualnya, wawasan dan keterampilan semata, tanpa diimbangi dengan kecerdasan spiritualnya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanana peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual melalui penanaman nilai as-Shidiq pada peserta didik MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual melalui penanaman nilai amanah pada peserta didik MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 3) Bagaimana peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual melalui penanaman nilai ikhlas pada peserta didik MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Data yang peneliti dapatkan dari Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual melalui penanaman nilai asshidiq pada peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar adalah guru memberi contoh atau teladan yang baik kepada siswa dengan selalu berperilaku jujur baik dalam perkataan maupun perbuatan, guruxvi membiasakan siswa untuk selalu berperilaku jujur, yaitu dengan membiasakan sholat dzuha, sholat dhuhur, sholat jum’at berjamaah, guru memberika nasihat kepada siswa agar senantiasa berperilaku jujur dimanapun berada, guru melakukan evaluasi terhadap anak yang tidak mau melaksanakan sholat jumat dan diberi bimbingan agar mereka mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di sekolah. 2) peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik melalui penanaman nilai amanah pada peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar adalah guru memberikan contoh atau teladan yang baik kepada siswa dengan selalu berperilaku amanah, guru memberikan tugas kepada siswa sehingga akan tertanam nilai amanah dan rasa tanggung jawab di dalam dirinya, guru memberikan nasihat kepada siswa agar senantiasa berperilaku amanah. 3) peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual melalui penanaman nilai ikhlas pada peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar adalah guru berperan sebagai teladan, motivator dan pembimbing dalam mengajarkan keikhlasan pada diri siswa melalui kegiatan infaq setiap hari jum’at dan shadaqah di hari kematian (takziyah). Infaq pada hari jum’at dilakukan rutin setiap hari jum’at dengan harapan agar siswa selalu menyisihkan sedikit rezekinya untuk di infaqkan dengan rasa ikhlas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173399 ALFI KUSNIATIN
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:45
Last Modified: 12 Nov 2021 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item