PENGUATAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH (Studi Multisitus di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung)

ANIS SAYYIDATUN NISA, 12505184003 (2020) PENGUATAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH (Studi Multisitus di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penguatan Budaya Religius dalam Membentuk Akhlakul Karimah (Studi multisitus di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI ArRohmah Balesono Tulungagung” yang ditulis oleh Anis Sayyidatun Nisa, NIM 12505184003, dibimbing oleh Dr. Muhamad. Zaini, M.A dan Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M. Pd Kata Kunci: Budaya Religius, Akhlakul Karimah Penguatan Budaya religius, pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana sopan santun mulai hilang dan tingkat kesadaran peserta didik dalam berakhlak masih sangat kurang. Pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik mengenai perilaku dan sikap masih sangat umum. Peserta didik tidak tau cara menghormati dan menghargai terhadap sesama dan belum lagi peserta didik masih sangat sering mengacuhkan perintah orag yang lebih tua. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut perlu adanya penanaman nilai-nilai religius secara menyeluruh, misalnya melalui penerapan penguatan budaya religius di suatu lembaga pendidikan. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana program penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung? (2) Bagaimana proses penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung? (3) Bagaimana hasil penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan program penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung. (2) Untuk memaparkan proses penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung. (3) Untuk memaparkan hasil penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah di SDI Qurrota A’yun Ngunut dan SDI Ar-Rohmah Balesono Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi analitik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas trasferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah yaitu (1) Peserta didik memiliki etika dan kesopanan. (2) Peserta didik lebih taat dan rajin beribadah. (3) Peserta didik menjadi pribadi yang ramah terhadap sesama. (4) Peserta didik memiliki sifat tanggungjawab dan berani. (5) Peserta didik lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505184003 ANIS SAYYIDATUN NISA
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:02
Last Modified: 22 Nov 2021 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23195

Actions (login required)

View Item View Item