PERAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)

NANDA BAGUS TETUKO, 12402173495 (2021) PERAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Industri Rumah Tangga dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)” ditulis oleh Nanda Bagus Tetuko, NIM. 12402173495, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Nurul Fitri Ismayanti, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi peran indusri rumah tangga di Desa Tirulor Kecatan Gurah Kabupaten Kediri dalam menghadapi masalah serta kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan serta pengembangan atas usahanya, Sehingga hal ini mengganggu tingkat perekonomian seperti penghasilan yang di peroleh pelaku usaha dan warga desa. Untuk itu peran industri rumah tangga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Dengan peningkatan pendapatan yang di peroleh, maka secara tidak langsung kebutuhan dapat terpenuhi. Rumusan Masalah pada penelitian ini ialah: (1) Bagaimana Pengelolaan dari Industri Rumah Tangga di Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari Industri Rumah Tangga di Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri? (3) Apa Peran Industri rumah Tangga dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri? Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalalah Teknik analisa Miles dan Hubberman. Tahap selanjutnya menganalisis data dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara parsial (1) Dalam menjalankan usahanya Industri Rumah Tangga di Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri yang mereka tekuni sudah menerapkan pengelolaan sederhana dengan penerapan empat fungsi pengelolaan (2) Faktor pendukung meliputi indutri rumah tangga memanfaatkan sumber daya alam seperti bahan baku sekitar, serta sumber daya manusia berasal dari anggota keluarga dan warga desa tersebut. Sedangkan faktor penghambat seperti faktor musim dan modal yang di gunakan berasal dari modal pribadi (3) Berperan sebagai ladang penghasilan berupa pendapatan bagi keluarga pemilik usaha serta karyawan, dapat menjadikan sebagai pemenuhan kebutuhan bagi pemilik usaha dan karyawan yang bekerja,dan Peningkatan pendapatan keluarga mengalami peningkatan terbukti berdasarkan pendapatan yang di peroleh dari 5 pemilik industri rumah tangga di Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Kata Kunci : Industri Rumah Tangga, Pendapatan Keluarga, Pengelolaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173495 NANDA BAGUS TETUKO
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:47
Last Modified: 23 Nov 2021 07:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23220

Actions (login required)

View Item View Item