PENGARUH PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS VII MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2010/2011

MILLASARI, NURMA (2011) PENGARUH PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS VII MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (35kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (39kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4&5.doc

Download (934kB)
[img] Text
SKRPSI 1.2.3.doc

Download (720kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Persegi dan persegi panjang dalam bentuk soal cerita, Teori Van Hiele, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran matematika sekolah, dimana siswa kurang memahami dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal dalam bentuk cerita khususnya mengenai materi pokok persegi dan persegi panjang. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah mengubah model pembelajaran yang diterapkan didalam kelas yaitu dengan model pembelajaran yang berorientasi pada Teori Van Hiele. Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : yang pertama adakah pengaruh penerapan Teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita persegi dan persegi panjang siswa kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek dan yang kedua seberapa besar pengaruh penerapan Teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita persegi dan persegi panjang siswa kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek? Dalam penelitian ini digunakan metode pemberlajaran Van Hiele, observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dimana observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran, dokumentasi untuk mengetahui keadaan siswa sedangkan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah mengalami proses belajar mengajar berorientasi poada teori Van Hiele, dan wawancara digunakan untuk mengetahui model apa yang selama ini diterapkan dalam pembelajaran matematika serta untuk memperoleh informasi-informasi lain yang dibutuhkan untuk penelitian. Pendekatan penelitian ini adalah kuntitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu analisis Uji t untuk sampel yang tidak berpasangan (Independent Sample t-test). Hali ini digunakan untuk menguji signifikasi perbedaan 2 buah mean yang berasal dari 2 buah distribusi, yaitu mengenai perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran yang menerapkan Teori Van Hiele. Setelah melaksanakan penelitian dan juga berdasarkan data-data yang telah didapat maka peneliti bisa menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data ujian diperoleh data sebagai berikut : mean kelompok eksperimen ternyata besarnya adalah 69,8076, sedangkan untuk mean kelompok kontrol adalah 58,4615 ini artinya bahwa mean kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok kontrol. Serta didapat (5% = 2,021) < = 2,7627 > (1% = 2,704) untuk db 40 sedangkan untuk db 60 (5% = 2,000) < = 2,7627 > (1% = 2,660) Dari hasil yang diperoleh tersebut artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan Teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita persegi dan persegi panjang siswa kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek tahun ajaran 2010 / 2011. 2. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan besarnya pengaruh penerapan Teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika adalah 19,41%

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 07:08
Last Modified: 21 Sep 2015 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item