IMPLIKATUR PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 REJOTANGAN

DIAH AYU LUKITASARI, 12210173028 (2021) IMPLIKATUR PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implikatur Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Diah Ayu Lukitasari, NIM. 12210173028, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Tadris Bahasa Indonesia, dibimbing oleh Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Implikatur, Percakapan, Pembelajaran Implikatur merupakan makna yang tersirat dalam sebuah tuturan yang dapat mengimplikasikan banyak makna. Sebuah tuturan memiliki banyak implikatur (makna yang tersembunyi) tergantung pada implikasi atau penggunaan yang ditimbulkan dari tuturan tersebut. Permasalahan yang dibahas mengenai Jenis-jenis, fungsi, dan alasan penerapan implikatur percakapan antara guru dan siswa dapat menjadi masalah bertutur yang cenderung menimbulkan salah maksud bagi mitra tutur, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi konflik antara penutur dengan mitra tutur. Oleh sebab itu peneliti akan melakukan penelitian mengenai Implikatur percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis-jenis implikatur percakapan antara guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rejotangan, (2) mendeskripsikan fungsi penggunaan implikatur antara guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rejotangan, (3) mendeskripsikan alasan pengunaan implikatur percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rejotangan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Rejotangan. Data dalam penelitian ini adalah implikatur percakapan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia disertai dengan konteks tuturan. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik simak catat, observasi,Perekaman, wawancara, dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai human instrument. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)jenis implikatur yang digunakan guru dan siswa adalah implikatur percakapan umum dan implikatur percakapan khusus (2) implikatur percakapan dalam tuturan guru dan siswa memiliki fungsi asertif, fungsi ekspresif, dan fungsi direktif (3) Alasan guru menggunakan implikatur percakapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu untuk melatih kepekaan, memperhalus ucapan supaya siswa tidak tersinggung, untuk menyindir siswa dan untuk menyantunkan komunikasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173028 DIAH AYU LUKITASARI
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:39
Last Modified: 25 Nov 2021 05:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23246

Actions (login required)

View Item View Item