UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG

RUSDIANA, RETMA JIAN (2011) UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DI DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTRU KABUPATE.doc

Download (868kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Upaya Orang Tua, Kesulitan Belajar Anak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa terdapat banyak kasus anak-anak di Desa Ngantru yang mengalami kesulitan belajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui faktor-faktor penyebab anak mengalami kesulitan belajar dan apa upaya orang tua dalam mengatasi anak yang mengalami kesulitan belajar di Desa Ngantru kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Apa saja faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh anak di Desa Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? (2) Apa saja upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh anak di Desa Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh anak di Desa Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui secara jelas tentang upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh anak di Desa Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah luasnya wawasan bagi penulis, sehingga penulis mengetahui kondisi dan situasi di masyarakat khususnya dalam mencari penyebab mengapa anak-anak mengalami kesulitan belajar. Bagi orang tua, memberikan dorongan dan semangat agar lebih bersungguh-sungguh mendidik dan memberikan pengawasan belajar kepada anaknya agar terhindar dari kesulitan belajar sehingga akan menjadi anak yang berprestasi. Bagi masyarakat khususnya Desa Ngantru, Sebagai masukan yang berharga agar menyadari akan pentingnya peran mereka terhadap keberhasilan pendidikan. Bagi peneliti yang akan datang, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun rancangan penelitian yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pola deskriptif yaitu memaparkan segala sesuatu ataupun keadaan sesuatu secara sistematis sehingga objek penelitian menjadi jelas. Dan metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Metode interview digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang digali dari sumber data langsung melalui percakapan atau tanya jawab. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi dari macam-macam sumber tertulis atau dari dokumen yang ada pada informan. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menemukan hasil (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar anak di Desa Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung adalah rendahnya intelegensi, kurangnya minat belajar, kurangnya pengetahuan orang tua, suasana rumah, dan faktor mass media. (2) Upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak di Desa Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung adalah memberikan makanan yang bergizi, memasukkan anak ke dalam bimbingan belajar, memberikan bimbingan dan motivasi, mendampingi dan mengawasi ketika anak sedang belajar, memberikan tempat yang tenang untuk belajar, dan membatasi waktu untuk menonton televisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 07:31
Last Modified: 21 Sep 2015 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item