PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MATERI LAJU REAKSI

AZZILANI TAHTA ZILLI ARSYKA, 12212173043 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Pengembangan E-Modul Berbasis Multipel Representasi pada Pembelajaran Flipped Classroom Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Azzilani Tahta Zilli Arsyka, NIM. 12212173043, dengan pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata kunci: E-Modul, Multipel Representasi, Laju Reaksi, Flipped Classroom Pembelajaran kimia materi laju reaksi sering kali dianggap sulit oleh siswa. Hal ini disebabkan materi laju reaksi yang sifatnya abstrak sehingga dalam penyampaian materinya perlu menggunakan representasi yang terdiri dari representasi makroskopis, submikroskopis, dan simbolis atau yang dikenal dengan sebutan multipel representasi. Selain itu, materi laju reaksi banyak melibatkan perhitungan matematis yang mana memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif adalah pendekatan flipped classroom yang mengintegrasikan kegiatan belajar mandiri di rumah dan kegiatan interaktif di kelas. Pendekatan flipped classroom memerlukan bahan ajar yang efektif dan praktis karena siswa cenderung lebih banyak membaca materi dari rumah secara mandiri sebelum pembelajaran di kelas dilaksanakan. Oleh karena hal tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu E-Modul Materi Laju Reaksi Berbasis Multipel Representasi dengan Pendekatan Flipped Classroom yang dapat dijadikan sebagai fasilitas belajar mandiri siswa sebelum pembelajaran dalam kelas dilakukan. Tujuan selanjutnya adalah menguji kelayakan e-modul berdasarkan kevalidan dan respon keterbacaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model penelitian 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, dalam penelitian ini tahap yang dilakukan hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Produk e-modul yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh validator sebanyak tiga orang yang terdiri dari dua orang guru pengampu mata pelajaran kimia dan satu orang dosen pendidikan kimia untuk diuji kelayakannya baik dari segi muatan materi maupun tampilan medianya. E-modul kemudian direvisi kembali sesuai dengan saran dari para validator dan selanjutnya diuji keterbacaannya dengan respon siswa yang dikumpulkan melalui angket. E-Modul Laju Reaksi Berbasis Multipel Representasi dengan Pendekatan Flipped Classroom yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria kelayakan baik dari segi materi maupun media dengan persentase rata-rata berturut-turut sebesar 91,35% dan 91,91% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil uji keterbacaannya mendapat respon positif dari siswa dengan persentase rata-rata sebesar 82,92% dengan kategori baik. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan layak diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran materi laju reaksi dengan pendekatan flipped classroom.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S.Pd. 12212173043 AZZILANI TAHTA ZILLI ARSYKA
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:11
Last Modified: 29 Nov 2021 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item