PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ROHMATILLAH, NURUL JANNAH FAFI (2011) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB.doc

Download (410kB)
[img] Text
SAMPUL.doc

Download (270kB)
[img] Text
SEBELUM ISI.doc

Download (74kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (3MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kedisiplinan, Kepribadian Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena pendidikan baik formal maupun nonformal yang memiliki tujuan akhir terbentuknya insan kamil. Manusia yang berbudi luhur atau memiliki kepribadian baik. Namun masih banyak orang yang telah mendapatkan pendidikan justru memiliki kepribadian atau perangai yang kurang baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap kepribadian siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Berapakah rata-rata kedisiplinan siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? (2) Berapakah rata-rata kepribadian siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifkan antara kedisiplinan terhadap kepribadian siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui rata-rata kedisiplinan siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (2) Mengetahui rata-rata kepribadian siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung dan (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan kepribadian siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kedisiplinan dan kepribadian siswa MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang menjadi sampel penelitian dan sebagai sumber data primer. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data pendukung. Rata-rata kedisiplinan siswa MTsN Tunggangri yang didapat dari uji-t tidak sama dengan 50% dari yang diharapkan, yakni sebesar 60.1897%. Hal ini menunjukkan penerimaan Ha. Adapun rata-rata kepribadian siswa MTsN Tunggangri tidak sama dengan 50% dari yang diharapkan, yakni sebesar 37.6575%. Hal ini juga menunjukkan penerimaan Ha. Berdasarkan nilai yang diperoleh dari uji korelasi, diketahui bahwa r tabel untuk N 112 dengan taraf kesalahan 1% adalah 0.256. Adapun r-hitung > r-tabel yaitu 0.520 > 0.256. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dan kepribadian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 08:00
Last Modified: 21 Sep 2015 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item View Item