SA’ADAH, NAILI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERKAIT MATERI GEOMETRI DI KELAS VIII EKSELEN-1 MTSN KUNIR WONODADI BLITAR PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Analogis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Terkait Materi Geometri Di Kelas VIII Ekselen-1 MTsN Kunir Wonodadi Blitar Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015,” ini ditulis oleh Naili Sa’adah, NIM. 3214113124. Pembimbing Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analogis, Geometri Matematika, bukan hanya berhitung secara mekanis dan prosedural (menggunakan otak kiri), melainkan juga bernalar dan berpikir secara kreatif dan inovatif dalam upaya memecahkan berbagai masalah dan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik (menggunakan otak kanan). Salah satu caranya ialah dengan menggunakan analogi (keserupaan). Berpikir analogis dapat membantu memecahkan masalah matematika yaitu dengan mengaitkan pengetahuan yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah yang baru, diantaranya dalam mempelajari materi geometri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir analogis siswa yang meliputi 4 tahap yaitu tahap encoding, inferring, mapping dan aplying dalam menyelesaikan soal terkait materi geometri di kelas VIII Ekselen-1 MTsN Kunir Wonodadi Blitar Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara, 3)menyimpulkan data. Berdasarkan hasil TBAM siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok analogis tinggi, analogis sedang dan analogis rendah. Siswa pada kelompok analogis tinggi mampu melakukan setiap tahap berpikir analogis dengan baik. Siswa pada kelompok analogis sedang mampu melalui tahap encoding dengan baik. Pada tahap inferring, mapping dan applying cenderung kurang mampu melakukannya karena tingkat ketelitian yang masih kurang, namun dapat mengetahui kesalahan yang dilakukan. Siswa pada kelompok analogis rendah mampu melakukan encoding, namun pada tahap selanjutnya cenderung belum dapat melakukannya karena kurangnya pemahaman konsep dan ketelitian yang harus ditingkatkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | NAILI SA’ADAH |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 01:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2015 01:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2334 |
Actions (login required)
View Item |