PENGARUH PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus UMKM Kabupaten Tulungagung 2013-2019)

LAILA NUR AISYIYAH, 12402173144 (2021) PENGARUH PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus UMKM Kabupaten Tulungagung 2013-2019). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus UMKM Kabupaten Tulungagung 2013-2019)” ini ditulis oleh Laila Nur Aisyiyah, NIM. 12402173144, pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi merupakan dua hal yang saling berkaitan. Pembangunan ekonomi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi sebagai penentu keberhasilan pembangunan ekonomi. Pada dasarnya, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi masalah-masalah ekonomi. keberadaan UMKM sebagai sektor ekonomi yang cukup kuat dalam menghadapi krisis diharapkan dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang ada seperti kemiskinan dan pengangguran, serta bisa berkontribusi lebih dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh jumlah UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung (2) menguji pengaruh tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung (3) menguji pengaruh jumlah UMKM dan tenaga kerja secara bersama-sama terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tulungagung tentang data perkembangan UMKM dan pertumbuhan ekonomi periode tahun 2013-2019. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) secara parsial jumlah UMKM berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung (2) secara prsial tenaga kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung (3) jumlah UMKM dan tenaga kerja secara bersama-sama (simultan) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung. Kata kunci : perkembangan UMKM, jumlah UMKM, tenaga kerja, pertumbuhan pkonomi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173144 LAILA NUR AISYIYAH
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:32
Last Modified: 02 Dec 2021 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item View Item