HIDAYATI, ELIN NUR (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (98kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (264kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (699kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (40kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (1MB) |
|
Text
COVER.doc Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (44kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (111kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi dimana anggapan peserta didik terhadap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan hanya peserta didik tertentu yang dapat menguasainya, karena mereka dituntut sesuai dengan apa yang dikatakan oleh guru. Metode yang digunakan guru tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, diperlukan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik berpikir kritis dan kreatif sehingga mereka memiliki kebebasan berpikir sesuai apa yang dikuasainya. Pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran probem posing, yang mana pada pembelajaran ini siswa dituntut untuk mengajukan pertanyaan sehingga tidak terpacu pada apa yang dikatakan guru saja. Guru disini hanya sebagai fasilitator dan siswa yang lebih aktif di dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011? 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana penelitiannya disajikan dalam bentuk deskripsi dengan menggunakan angka-angka statistik. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan beberapa metode, yaitu metode interview, observasi, tes dan dokumentasi. Disini tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika peserta didik setelah diberikan perlakuan, kemudian dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, peserta didiksarana prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menganalisis dengan menggunakan rumus uji-t (test). Berdasarkan hasil perhitungan, signifikan 5% ternyata nilai (thitung > ttabel ) yaitu thitung = 4,68 > ttabel = 2,000. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. Sedangkan besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011 adalah 17,15%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2015 03:59 |
Last Modified: | 23 Sep 2015 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2352 |
Actions (login required)
View Item |