PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus di BMT Ummatan Washatan Tulungagung)

BELLA RAHAYU NINGRUM, 12401173368 (2021) PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus di BMT Ummatan Washatan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Pembiayaan Murabahah terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus di BMT Ummatan Washatan)” ini ditulis oleh Bella Rahayu Ningrum, NIM. 12401173368 pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I. Usaha (mikro) kecil menengah di Indonesia merupakan bagian penting dari sistem perekonomian nasional karena berperan untuk mempercepat pemerataan pertumbuhan ekonomi melalui misi penyediaan lapangan usaha dan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat. Dengan segala potensi yang amat besar tersebut nyatanya masih terdapat masalah-masalah yang dihadapi UMKM, Seperti yang kita ketahui masalah utama bagi UMKM adalah keterbatasan modal. BMT Ummatan Washatan memiliki pembiayaan murabahah yang mampu menjawab solusi dari masalah UMKM tersebut. Dengan memberikan modal melalui pembiayaan murabahah yang ada di BMT (Baitul Maal Wat Tamwil) Ummatan Washatan apakah UMKM anggotanya semakin berkembang. Diukur dengan indikator peningkatan omset penjualan dan peningkatan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1) Bagaimana peran pembiayaan murabahah dalam mengembangkan usaha nasabah? (2) Bagaiama penentuan margin pembiayaan murabahah? Tujuan penelitian (1) Mengetahui dan menganalisis peran pembiayaan murabahah dalam mengembangkan usaha nasabah (2) Penentuan margin pembiayaan murabahah. Dalam penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti sebagai narasumber secara langsung di BMT Ummatan Washatan untuk melakukan wawancara langsung kepada pihak bank sehingga dapat menghasilkan data-data yang peneliti inginkan baik berupa lisan maupun tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembiayaan murabahah yang dilaksanakan oleh BMT Ummatan Washatan dapat membantu siklus usaha nasabah tetap berjalan, serta membantu meningkatkan omzet penjualan. Meningkatnya omzet penjualan dibuktikan dengan bertambahnya jumlah barang dagangan dan bertambah pula jumlah karyawan yang disebabkan karena jumlah pembelian meningkat. (2) Penetapan jumlah margin yang ditentukan oleh pihak bank adalah sebesar 2%, namun nasabah masih saja menegosiasi hingga menjadi 1,7%. Hal tersebut dikarenakan besarnya margin dapat mempengaruhi besarnya angsuran. Pihak BMT Ummatan Washatan memberlakukan sistem denda bagi nasabah yang mengalami keterlambatan dalam proses angsuran. Nasabah yang mengalami keterlambatan dalam proses angsuran disebabkan karena dalam pembiayaan nasabah menerima uang secara langsung bukan berupa barang. Sehingga uang tersebut bisa disalahgunakan, tidak sepenuhnya digunakan untuk pengembangan usaha. Kata Kunci: UMKM, Jumlah Margin, Murabahah, dan Omzet Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Murabahah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173368 BELLA RAHAYU NINGRUM
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:40
Last Modified: 15 Dec 2021 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23562

Actions (login required)

View Item View Item