MANAJEMEN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN MARMER DAN ONIX DI GAMPING CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

WAHDA SABILLA ROSIDAH, 17402163470 (2021) MANAJEMEN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN MARMER DAN ONIX DI GAMPING CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Pemasaran Dalam Pengembangan Industri Kerajinan Marmer dan Onix di Gamping Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Wahda Sabilla Rosidah, NIM. 17402163470, pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M. Ag. Dalam era globalisasi seperti ini, banyak pelaku usaha bisnis yang melakukan persaingan usaha dengan menciptakan inovasi dan menggunakan keterampilan yang akan menghasilkan produk berkualitas baik dengan manajemen pemasaran. Maka dari itu, penulis ingin mengetahui bagaimana pegelolaan dan upaya strategi manajemen pemasaran dalam mengembangkan industri kerajinan marmer dan onix di Gamping Campurdarat Tulungagung. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengelolaan industri kerajinan marmer dan onix di Gamping?, 2) Bagaimana strategi pemasaran dalam industri kerajinan marmer dan onix di Gamping?, Bagaimana kendala dan solusi dalam industri kerajinan marmer dan onix di Gamping?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan fenomena yang ada di lapangan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan industri marmer dan onix di Gamping Campurdarat Tulungagung dimulai dengan pengorganisasian produksi pembentukan tenaga kerja tetap, pengelolaan perubahan harga, penerapan promosi offline dan online dan adanya pertemuan para tenaga kerja terkait industri. Sedangkan pelaksanakannya yakni adanya produk marmer dan onix yang beragam mulai dari hiasan dinding sampai interior rumah, menggunakan metode harga secara langsung dan tidak langsung, melalui bantuan promosi di media sosial dan saluran distribusi yang tepat. Pengendalian dilakukan dari pengontrolan dan pengawasan pada produk marmer dan onix, serta pendanaan hasil penjualan produk,. (2) Strategi pemasaran dalam industri kerajinan marmer dan onix di Gamping dilakukan dengan menjaga kualitas dan pengembangan produk, penentuan harga yang jelas, promosi melalui bazar, mitra kerja, dan media online, serta dipasarkan di showroom dan dikirim ke luar kota. (3) Kendala manajemen pemasaran yakni pada ketersediaan bahan baku produk marmer dan onix, kendala pada harga, kendala dalam promosi, kendala pada saluran distribusi. Solusinya yakni pengrajin marmer harus memiliki stok bahan baku marmer, membentuk image terhadap konsumen mengenai kualitas produk yang berbeda dengan produk yang lain, pemanfaatan teknologi digital, dan mengadakan pengembangan produk perusahaan. Kata Kunci : Manajemen, Pemasaran, Marmer, Onix

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163470 WAHDA SABILLA ROSIDAH
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:35
Last Modified: 15 Dec 2021 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23563

Actions (login required)

View Item View Item