EFEKTIVITAS PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENUNJANG PENGEMBANGAN UMKM DI SUMBERGEMPOL (Studi Kasus di BSI Kantor Kas Tulungagung (BRI Syariah)

DINA YUNNITA RAHMAN, 12401173354 (2021) EFEKTIVITAS PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENUNJANG PENGEMBANGAN UMKM DI SUMBERGEMPOL (Studi Kasus di BSI Kantor Kas Tulungagung (BRI Syariah). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Produk Pembiayaan Murabahah dalam Menunjang Pengembangan UMKM di Sumbergempol (Studi Kasus di BSI Kantor Kas Tulungagung (BRI Syariah))”, yang di tulis oleh Dina Yunnita Rahman, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, NIM 12401173354, dengan pembimbing Refki Rusyadi, M.Pd.I. Setiap para pelaku usaha pastinya mengalami permasalahan yang berbedabeda. Beberapa permasalahan yang dialami para pelaku usaha diantaranya minimnya modal bahkan ada pula yang sampai mengalami kebangkrutan. Untuk mengatasi beberapa masalah tersebut para pelaku usaha dapat memanfaatkan pembiayaan murabahah yang disediakan oleh lembaga keuangan syariah dengan harapan penyaluran pembiayaan murabahah benar-benar dapat membantu para pelaku usaha (nasabah) dalam mengatasi masalah permodalan. Salah satu lembaga keuangan syariah yang menyediakan pembiayaan murabahah adalah BRI Syariah (BSI) Tulungagung. Atas dasar ini peneliti ingin meneliti tentang bagaimana mekanisme dan efektivitas pembiayaan murabahah di BRI Syariah (BSI). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme dan efektivitas pembiayaan murabahah dalam menunjang pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer serta sekunder. Metode dari pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta mempelajari berbagai dokumen yang terkait dengan topik yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Pendekatan dalam menganalisis data kualitatif ini dengan menggunakan thematic analysis dengan cara coding data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembiayaan murabahah di BSI dapat membantu masalah permodalan UMKM. Bank memberikan pembiayaan dalam bentuk uang dan nasabah diberikan kebebasan untuk membeli barang sesuai kesepakatan di awal. Pembiayaan murabahah di BRI Syariah (BSI) sudah tepat sasaran, semua nasabah menggunakan dana tersebut untuk modal pengembangan usaha. Selain itu bank juga mampu mengatasi masalah pembiayaan murabahah. Jadi pembiayaan murabahah di Bank Syariah (BSI) dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: Pembiayaan Murabahah, Efektivitas, UMKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Murabahah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173354 DINA YUNNITA RAHMAN
Date Deposited: 17 Dec 2021 08:22
Last Modified: 17 Dec 2021 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23578

Actions (login required)

View Item View Item