IMAROH, SITI MUDI’ATUL (2011) UPAYA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ‘ULA NGLAWAK KERTOSONO NGANJUK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (73kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (145kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (81kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (115kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (40kB) |
|
Text
PREMIER.doc Download (94kB) |
Abstract
Kata kunci : Upaya, Pondok Pesantren, Mutu Pendidikan Islam Latar Belakang Masalah: Pondok pesantren merupakan lembaga tafaqquh fi al-din yang selama ini telah memberikan andil cukup besar dalam pembinaan dan pengembangan kehidupan umat Islam di Indonesia terutama dalam pendidikan Islam. Namun seiring dengan perkembangan zaman, berbagai sisi kehidupan pesantren dinilai oleh banyak kalangan memiliki kelemahan dan kekurangan. Output pondok pesantren dianggap kurang kompetitif dalam percaturan persaingan kehidupan modern. Dalam menghadapi kenyataan tersebut, sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Karena diharapkan dengan adanya mutu pendidikan Islam yang tinggi, maka akan mampu menghasilkan output atau lulusan santri yang berkualitas, berkompetensi, dan unggul, yang nantinya siap terjun dan bersaing di dalam kehidupan masyarakat global. Rumusan Masalah: 1. Bagaimana upaya Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk dalam meningkatkan mutu akademik pendidikan Islam?; 2. Bagaimana upaya Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk dalam meningkatkan mutu non-akademik pendidikan Islam? Kegunaan Hasil Penelitian: 1. Secara teoritis: sebagai sumbangan untuk memperkaya khazanah keilmuan, serta sebagai bahan rujukan dan tambahan pustaka pada perpustakaan STAIN Tulungagung; 2. Secara praktis: a). bagi peneliti, untuk menambah wawasan, pola pikir, dan pengalaman yang nantinya dapat diterapkan dalam masyarakat; b). bagi Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula, sebagai sumbangan pemikiran, bahan pertimbangan, dan binaan lebih lanjut; c). bagi para pembaca, sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Metode Penelitian: 1. Jenis Penelitian: penelitian kualitatif (kualitatif research) atau naturalistik; 2. Lokasi Penelitian: Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk; 3. Kehadiran Peneliti; 4. Sumber Data: person, place, paper; 5. Prosedur Pengumpulan Data: observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi; 6. Teknik Analisis Data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; 7. Pengecekan Keabsahan Data: perpanjangan kehadiran, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat; 8. Tahap-tahap Penelitian: tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data. Hasil Penelitian: 1.Upaya Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk dalam meningkatkan mutu akademik pendidikan Islam adalah melalui transformasi metode pembelajaran, melalui penggunaan media pembelajaran, melalui evaluasi pembelajaran, melalui peningkatan kualitas ustadz/ustadzah yang mengajar, serta melalui penyediaan fasilitas pendidikan; 2. Upaya Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk dalam meningkatkan mutu non-akademik pendidikan Islam adalah dengan melalui penyelenggaraan training, melalui pelatihan bersifat praktis, melalui pengembangan kewirausahaan, dan melalui penyediaan sarana dan prasarana penunjang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2015 07:08 |
Last Modified: | 25 Sep 2015 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2364 |
Actions (login required)
View Item |