MOHAMMAD WAHYU RHOMADHON, 17401153276 (2021) PENERAPAN RESCHEDULING, RECONDITIONING, DAN RESTRUCTURING PADA PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Rescheduling, Reconditioning, dan Restructuring pada Pembiayaan Bermasalah di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri” ditulis oleh Mohammad Wahyu Rhomadhon, NIM. 17401153276, Pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini memfokuskan pada pelaksanaan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring sebagai solusi pembiayaan bermasalah. Kasus pembiayaan bermasalah terjadi secara bertahap, melalui tahap bermasalah terlebih dahulu sebelum melalui pembiayaan bermasalah. Apabila pembiayaan memasuki tahap kemacetan, debitur dianggap melanggar kontrak, yakni perbuatan melawan hukum (wanprestasi). Sehingga dari permasalahan tersebut Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri mampu menanggulanginya dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut 1) Untuk mengetahui penerapan kebijakan dalam mengatasi pembiayaan bermasalah pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri. 2) Untuk mengetahui kendala atau faktor penghambat dalam mengatasi pembiayaan bermasalah pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri. 3) Untuk mengetahui solusi dari kendala dalam pelaksanaan kebijakan rescheduling, reconditioning dan restructuring mengatasi pembiayaan bermasalah pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informasi diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Risiko pembiayaan bermasalah dapat di minimalisasi dengan melakukan penanganan serta pengawasan terhadap faktor internal dan eksternal bank. Penanganan nasabah wanprestasi dilakukan dengan cara rescheduling, reconditioning dan restructuring. Rescheduling dengan memperpanjang waktu pembiayaan. Reconditioning dengan memberikan surat penagihan dan pengambilan jaminan. Restructuring dengan menambah modal dan jaminan. Dampak positif dari penerapan rescheduling, reconditioning dan restructuring yaitu berkurangnya jumlah pembiayaan bermasalah dan nasabah lebih tanggung jawab dalam memenuhi kewajibannya. Dampak negatifnya yaitu memburuknya sistem keuangan Bank, serta membutuhkan waktu dan tenaga yang relatif banyak apabila tidak segera diselesaikan. Kata Kunci: Pembiayaan, Rescheduling, Reconditioning, Restructuring, Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153276 Mohammad Wahyu Rhomadhon |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 06:34 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23698 |
Actions (login required)
View Item |