Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tahun 2014/2015

siti, komsiyah (2015) Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tahun 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
sampull.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB II,.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB III,.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V,.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN,.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tahun 2014/205” ini ditulis oleh Siti Komsiyah (3214113152) Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd. MM. Kata Kunci : Analisis Kesulitan, Menyelesaikan, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar siswa sering mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal Matematika. Kesulitan tersebut dapat dilihat dari kesalahan – kesalahan yang dilakukan siswa ketika mengerjakan soal – soal, mulai dari soal latihan, soal ulangan harian, sampai soal ujian nasional. Berdasarkan hal tersebut dan juga informasi yang yang diperoleh dari salah satu guru mata pelajaran matematika di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol, yang menyatakan bahwa menurut beliau masih banyak siswanya atau anak didiknya yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar, maka peneliti berinisiatif untuk mengadakan penelitian guna menganalisis kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang sisi datar pada siswa kelas VIII di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Kesulitan apa sajakah yang dialami siswa kelas VIII-A MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar? (2) Faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa kelas VIII-A MTs Sultan Agung Jabalsari mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas VIII-A dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui faktor –faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan guru matematika MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah – langkah reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar meliputi kesulitan konsep sebesar 70,59% yang tergolong tinggi dan tingkat kesulitan ketrampilan sebesar 8,82% yang tergolong sangat rendah. 2) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain: Anggapan yang salah terhadap matematika; Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar; Minimnya kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa; Kurangnya perhatian dari orang tua siswa; Ketidak telitian siswa dalam mengerjakan soal – soal matematika; Frekuensi belajar siswa yang kurang. Sedangkan faktor eksternal antara lain: Kondisi kelas yang ramai atau kurang kondusif, Banyaknya aktivitas yang dilakukan siswa diluar jam sekolahnya, Minimnya media pembelajaran atau buku – buku penunjang kegiatan belajar siswa, Minimnya variasi soal latihan dari guru pengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: komsiyah siti
Date Deposited: 17 Dec 2015 06:32
Last Modified: 17 Dec 2015 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item