PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

NOVITA LAILATUL QORI’AH, 12205173244 (2021) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ditulis oleh Novita Lailatul Qori’ah, NIM. 12205173244, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Gaya Belajar, dan Prestasi Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mengenai tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar yang dapat mempengaruhi prestasi siswa. Pendidikan pertama seorang anak diperoleh dari lingkungan keluarga, terutama dari orangtuanya. Orang tua berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Peran orang tua sangatlah penting dalam proses belajar anak. Hal ini merupakan salah satu pengaruh eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar anak. Akan tetapi jika anak menggunakan gaya belajar yang salah atau tidak sesuai dengan karakteristiknya, maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya, anak akan sulit memahami materi pelajaran akibatnya prestasi belajar yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung ? 2) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? 3) Adakah pengaruh secara bersama antara tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap prestasi siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif kausal. Penelitian assosiatif kausal merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh atau hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 siswa dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel kelas III sebanyak 46 siswa yaitu 21 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, data pribadi siswa mengenai tingkat pendidikan orang tua dan dokumen hasil ujian akhir semester ganjil dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh output Coefficient dengan nilai t_hitung > t_tabel (3,232 > 2,015) dengan taraf nilai signifikansi (0,002 < 0,05). 2) Ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh output Coefficient dengan nilai t_hitung > t_tabel (3,047 > 0,317) dengan taraf nilai signifikansi (0,004 < 0,05). 3) Ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap prestasi siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F_hitung > F_tabel (16,516 > 3,21) dengan taraf nilai signifikansi (0,000 < 0,05). ABSTRACT Thesis entitled "The Influence of Parents' Education Level and Learning Style on Student Achievement at MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung" was written by Novita Lailatul Qori'ah, Student ID Number (NIM). 12205173244, Department of Teacher Education at Madrasah Ibtidaiyah, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the State Islamic Institute (IAIN) Tulungagung, which was supervised by Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Keywords: Parents' Education Level, Learning Style, and Student Achievement This research is motivated by the phenomenon of parents' education level and learning styles that can affect student achievement. The first education of a child is obtained from the family environment, especially from his parents. Parents play a role in the growth and development of children. The role of parents is very important in the child's learning process. This is one of the external influences that can affect children's learning achievement. However, if the child uses the wrong learning style or does not match the characteristics, it will affect his learning achievement, the child will find it difficult to understand the subject matter as a result, the learning achievement obtained is not as expected. The formulation of the problem in writing this thesis are: 1) Is there any influence of parental education level on student achievement at MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? 2) Is there any influence of learning style on student achievement at MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? 3) Is there a joint influence between parents' education level and learning style on student achievement at MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? The approach in this research is a quantitative approach. This type of research is causal associative research. Causal associative research is research that aims to determine whether or not an influence or relationship between the independent variables on the dependent variable. The population in this research amounted to 300 students with purposive sampling as a sampling technique. In this research, researchers took a sample of 46 students in class III, namely 21 male students and 25 female students. Sources of data in this study were third grade students of MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, students' personal data regarding the level of education of parents and odd semester final exam results documents with data collection methods in the form of questionnaires and documentation. The data analysis technique used is regression analysis with simple linear regression analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that 1) There was an effect of parental education level on student achievement at MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. This is indicated by the output coefficient with a value of tcount > ttable (3.232 > 2.015) with a significance level of value (0.002 < 0.05). 2) There is an influence of learning style on student achievement of MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. This is indicated by the output coefficient with a value of tcount > ttable (3.047 > 0.317) with a significance level of value (0.004 < 0.05). 3) There is an effect of parents' education level and learning style on student achievement of MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. This is indicated by the value of Fcount > Ftable (16.516 > 3.21) with a level of significance value (0.000 < 0.05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Peradilan Islam > Orang Tua
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12304173006 BI ALYA ROHMATIKA
Date Deposited: 05 Jan 2022 00:47
Last Modified: 05 Jan 2022 00:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item