PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL-HUDA 01 PANDANARUM BLITAR

MARISTA IKAWANTI, 12205173188 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL-HUDA 01 PANDANARUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Edukatif Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MI Al-Huda 01 Pandanarum Blitar” ini ditulis oleh Marista Ikawanti NIM 12205173188, pembimbing Tadjudin, M.Pd.I Kata Kunci: Permainan edukatif, Keaktifan, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik dikelas yang belum mampu melibatkan siswa secara aktif, metode pembelajaran yang digunakan kurang inovatif, masih menggunakan metode pembelajaran konvesional dan kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan demikian diperlukan metode yang membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode permainan edukatif. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan edukatif terhadap keaktifan dan hasil belajar pada pembelajaran tematik di MI Al-Huda 01 Pandanarum Blitar. Subyek penelitian ini adalh siswa kelas III-A sebagai kelas kontrol sejumlah 21 siswa dan kelas III-B sejumlah 21 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang dihunakan adalah uji T test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh penggunaan metode permainan edukatif terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran tematik di MI Al Huda 01 Pandanarum Blitar dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. 2) Ada pengaruh penggunaan metode permainan edukatif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Al-Huda 01 Pandanarum Blitar. Dengan analisis signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh penggunaan metode permainan edukatif terhadap kekatifan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Al-Huda 01 Pandanarum Blitar dilihat dari perhitungan MANOVA (multivariat of variance), memiliki pengaruh cukup besar untuk keaktifan dan hasil belajar. Dengan hasil uji analisis yaitu Sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil perhitungan tersebut dinyatakan signifikan, maka metode pembelajaran edukatif dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif untuk mendorong keaktikfan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173188 MARISTA IKAWANTI
Date Deposited: 17 Jan 2022 00:45
Last Modified: 17 Jan 2022 00:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24011

Actions (login required)

View Item View Item