IDENTIFIKASI BIVALVIA DI PANTAI PEH PULO BLITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BOOKLET

MAYA FITRIYAH HARDYANTI, 12208173071 (2021) IDENTIFIKASI BIVALVIA DI PANTAI PEH PULO BLITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BOOKLET. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Identifikasi Bivalvia di Pantai Peh Pulo Blitar sebagai Media Pembelajaran Berupa Booklet” ini ditulis oleh Maya Fitriyah Hardyanti, NIM 12208173071, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Identifikasi, Bivalvia, Pantai Peh Pulo, Booklet Pantai Peh Pulo merupakan salah satu pantai di Indonesia berada di Dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya sudah banyak penelitian mengenai Bivalvia di Indonesia, namun sejauh ini belum banyak peneliti yang meneliti tentang identifikasi keanekaragaman Bivalvia di pantai Peh Pulo. Berdasarkan angket analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran yang dibuat oleh peneliti terhadap 41 mahasiswa semester 4 di IAIN Tulungagung mendapatkan presentase hasil tanggapan bahwa 73,2% mahasiswa masih belum mengetahui ciri-ciri Bivalvia. Hasil analisis angket tersebut juga diketahui sebanyak 75,6% mahasiswa membutuhkan media pembelajaran yang lebih jelas dan mudah dipahami. Sehingga dari analisis tersebut peneliti ingin mengembangkan hasil penelitian ini sebagai media pembelajaran berupa booklet. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keanekaragaman jenis Bivalvia di Pantai Peh Pulo Blitar dan 2) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran tentang keanekaragaman bivalvia di pantai Peh Pulo Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, selain itu juga dilakukan studi literatur. Pada tahap pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tiga langkah pengembangan yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Metode yang digunakan dalam penilaian produk adalah angket validasi oleh ahli media, ahli materi dan angket keterbacaan responden. Hasil penelitian yang ditemukan adalah (1) Bivalvia terdiri atas 1 kelas, 9 ordo, 9 famili, 11 genus, dan total keseluruhan Bivalvia yang teridentifikasi sebanyak 11 spesies. Diantara spesies tersebut adalah Barbatia amygdalumtostum, Cardita variegata, Globivenus rigida2, Lucinoma capensis, Modiolula phaseolina, Mytilopsis leucopaeata, Periglypta reticulata, Spondylus nicobaricus, Striarca lactea, Tridacna maxima, dan Venus verrucosa. Berdasarkan perhitungan nilai indeks keanekaragaman (H’) jenis Bivalvia di Pantai Peh Pulo yaitu 1,826924551. Hal ini menunjukkan bahwa Pantai Peh Pulo memiliki nilai keanekaragaman jenis sedang dengan keadaan faktor abiotik rata-rata suhu antara 29,6 – 30,9 ˚C, pH antara 7 – 8, salinitas antara 2,0 – 4,1 % dan tipe substrat berpasir dan berbatu karang. (2) Booklet yang dikembangkan berisi materi tentang klasifikasi, ciri-ciri morfologi, habitat dan manfaat macam-macam spesies bivalvia yang ditemukan di Pantai Peh Pulo. Hasil pengembangan produk secara keseluruhan mendapatkan hasil skor validasi 88%. Nilai tersebut dapat dikategorikan sangat valid dan layak diimplementasikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Hewan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173071 MAYA FITRIYAH HARDYANTI
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:16
Last Modified: 12 Jan 2022 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24041

Actions (login required)

View Item View Item