Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar

Arif, Moh. (2014) Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
zuda muzakar (3217103100).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Demonsrtasi, Hasil Belajar, IPA Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah peserta didik lemah dalam penguasaan dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan oleh guru, khususnya IPA. Karena peserta didik menganggap mata pelajaran IPA membingungkan dan sukar diingat. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode pembelajaran tepat dan efektif, metode demonstrasi melalui media sederhana yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Bagaimana hasil Belajar IPA peserta didik MIN Kolomayan Wonodadi Blitar setelah menggunakan metode demonstrasi melalui media sederhana. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode demonstrasi melalui media sederhana pada mata pelajaran IPA materi Energi dan Perubahannya pada peserta didik kelas IV di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan penerapan metode demonstrasi melalui media sederhana pada mata pelajaran IPA materi enargi dan perubahannya pada peserta didik kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MIN Kolomayan, sebagai salah satu model referensi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut, bagi para Guru MIN Kolomayan sebagai masukan pertimbangan model yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, bagi peserta didik MIN Kolomayan sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar, bagi perpustakaan IAIN Tulungagung, pembaca/peneliti lain sebagai referensi bagi pembaca dan sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian serupa lanjutan Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN Kolomayan. Analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 73,3 (60%) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 (85,7%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi melalui media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannnya pada kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 02:14
Last Modified: 02 Dec 2014 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item