STRATEGI PETANI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

LUQMANUL HAKIM, 17402153499 (2021) STRATEGI PETANI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (906kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Abstrak: Skripsi yang berjudul “Strategi Petani dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga Berdasarkan Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan Kedungwaru)” ini ditulis oleh Luqmanul Hakim, 17402153499, Fakultas Ekomomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatunllah Tulungagung, pembimbing Dr. Nur Fadhilah, M.H. Sektor pertanian masih mendominasi lapangan usaha di Kabupaten Tulungagung berdasarkan data BPS Tulungagung tahun 2020. Meskipun banyak bermunculan profesi baru, mayoritas masyarakat Kecamatan Kedungwaru masih bertahan dengan usaha pertanian. Strategi petani dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga di tengah perkembangan zaman menjadi hal yang menarik untuk dikaji dan dipotret menggunakan lensa ekonomi Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi petani di Kecamatan Kedungwaru dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga? 2) Bagaimana strategi petani di Kecamatan Kedungwaru dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga berdasarkan ekonomi Islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi petani di Kecamatan Kedungwaru dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: modal, tenaga kerja, faktor tanah, biaya petani dan pendapatan usaha tani. 2) Strategi petani di Kecamatan Kedungwaru dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga berdasarkan Ekonomi Islam dapat dikemukakan dalam lima faktor. Modal yang berasal dari sisa pendapatan hasil panen adalah faktor dasar untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga agar kewajiban ibadah kepada Allah bisa terlaksana dengan baik. Faktor tenaga kerja yang digunakan untuk pengelolaan tanaman dengan mempekerjakan orang lain adalah salah satu strategi dalam menciptakan lapangan kerja sehingga mereka juga bisa memenuhi kebutuhannya. Faktor tanah yang dikelola dengan baik adalah wujud rasa syukur pemilik lahan kepada Allah. Faktor biaya yang dikeluarkan selama proses tanam hingga panen adalah salah satu aspek yang disediakan petani dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah tangga sebagai wujud ibadah kepada Allah. Pendapatan usaha tani yang diperoleh pada saat panen digunakan untuk membiayai kebutuhan rumah tangga dan penanaman lagi pada periode yang akan datang serta dikeluarkan zakat ketika sudah sampai nisabnya. Kata Kunci: Ekonomi Islam, Kebutuhan Rumah Tangga, dan Petani.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Modal
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SKRIPSI 17402153499 LUQMANUL HAKIM
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:00
Last Modified: 18 Jan 2022 06:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24141

Actions (login required)

View Item View Item