AKBAR, ILHAM (2011) PENINGKATAN PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DALAM KELUARGA MUSLIM DI ERA MODERN. [ Skripsi ]
Text
Bab 1.doc Download (72kB) |
|
Text
Bab 2.doc Download (93kB) |
|
Text
Bab 3.doc Download (74kB) |
|
Text
Bab 4.doc Download (74kB) |
|
Text
Bab 5.doc Download (48kB) |
|
Text
Depan.doc Download (67kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peningkatan Pendidikan Akhlak Remaja Dalam Keluarga Muslim di Era Modern” ini ditulis oleh Ilham Akbar dibimbing oleh Drs. Muh Kharis, M.Pd. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh akibat dari perkembangan global dan kemajuan IPTEK, pendidikan masa remaja yang penuh emosi dengan kondisi jiwa yang labil, tidak menentu dan biasanya susah mengendalikan diri sehingga pengaruh-pengaruh negatif seperti perilaku-perilaku menyimpang akibat dari pergeseran nilai mudah mempengaruhi jiwa remaja dan menimbulkan gejala baru berupa krisis akhlak. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak remaja dalam keluarga muslim diera modern ? (2) Bagaimana strategi dalam meningkatkan pendidikan akhlak remaja dalam keluarga muslim di era modern ? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi remaja penelitian ini dapat dijadikan sarana untuk memperdalam pengetahuan tentang akhlak remaja yang dalam masa transisi, sehingga tidak mengalami krisis akhlak dalam kehidupannya baik keluarga, sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Bagi peneliti di masa datang penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian penunjang dan bahan pengembang perancangan penelitian dalam meneliti kaitannnya dengan pendidikan akhlak remaja. Bagi perguruan tinggi penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Tulungagung sebagai bahan masukan dan sumbangan pemikiran untuk tercapainya tujuan pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yang terdiri dari : variabel penelitian yaitu pendidikan akhlak remaja, data dan sumber data yaitu : data primer yang diperoleh dari buku, jurnal dan karya ilmiah; b. data sekunder yang diperoleh dari buku psikologi remaja, psikologi agama, psikologi perkembangan, metodologi penelitian kualitatif, metodologi riset, prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, dan psikologi pendidikan; metode pengumpulan data dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu mengumpulkan, memilih, dan membaca bahan pustaka, mencatat isi bahan pustaka, mengklasifikasikan dari sari isi tulisan dengan merujuk pada rumusan masalah, tehnik analisis data yang menggunakan analisa data deduktif dan induktif, prosedur penelitian. Hasil dari penelitian adalah (1) Konsep pendidikan akhlak remaja dalam keluarga muslim di era modern menitik beratkan pada segi pembentukan akhlak anak sehingga terwujudnya kepribadian muslim yang sejati. (2) Strategi dalam meningkatkan pendidikan akhlak anak remaja dalam keluarga muslim diera modern adalah meningkatkan pendidikan akhlak remaja yang lebih ditekankan pada kualitas pendidikan agama islam yaitu meliputi: mengenal Allah dan ciptaannya guna mempertebal iman dan keyakinannya, mengenal diri dan lingkungannya, memelihara hubungan dengan Allah dengan manusia dalam tatanan hidup bermasyarakat dan berbangsa, serta hubungan dengan alam lingkunga
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 07:45 |
Last Modified: | 28 Sep 2015 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2415 |
Actions (login required)
View Item |