INNE YOURIKA, 17402163157 (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN (FINANSIAL EDUCATION), AGEN SOSIALISASI KEUANGAN (FINANSIAL SOCIALIZATION AGENT) DAN SIKAP KEUANGAN (MONEY ATITTUDE) TERHADAP LITERASI KEUANGAN (FINANCIAL LITERACY) PADA MASYARAKAT DI PERUMAHAN CITY SIDE RINGINPITU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (21kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (348kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa pemahaman tentang literasi keuangan sangat diperlukan dalam hal pemenuhan kebutuhan hidup agar perilaku manusia dalam memanfaatkan pendapatannya menjadi terarah dan tidak bertentangan dengan nilai dan norma ajaran Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh pendidikan keuangan (finansial education) terhadap literasi keuangan (financial literacy) pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung. 2) Bagaimana pengaruh agen sosialisasi keuangan (finansial sosialisasi agent) terhadap literasi keuangan (financial literacy) pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung. 3) Bagaimana pengaruh sikap keuangan (money atittude) terhadap literasi keuangan (financial literacy) pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung. 4) Bagaimana pengaruh antara pendidikan keuangan, agen sosialisasi keuangan dan sikap keuangan terhadap literasi keuangan pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung sebanyak 63 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Variabel independen pendidikan keuangan, agen sosialisasi keuangan dan sikap keuangan, variabel dependen literasi keuangan. Data diambil dengan kuesioner, kemudian dianalisis dengan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Pendidikan keuangan berpengaruh secara parsial terhadap literasi keuangan pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung, nilai signifikasi 0,034 < 0,05. 2) Agen sosialisasi keuangan berpengaruh secara parsial terhadap literasi keuangan pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung, nilai signifikasi 0,000 < 0,05. 3) Sikap keuangan berpengaruh secara parsial terhadap literasi keuangan pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung, nilai signifikasi 0,000 < 0,05. 4) Pendidikan keuangan, agen sosialisasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh secara simultan terhadap literasi keuangan pada masyarakat di Perumahan City Side Ringinpitu Kabupaten Tulungagung, nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Pendidikan keuangan, agen sosialisasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh terhadap literasi keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik Pendidikan keuangan, agen sosialisasi keuangan dan sikap keuangan makan akan semakin tinggi pula literasi keuangan masyarakat. Literasi keuangan menekankan pada pentingnya menerapkan pengetahuan dan kemampuan di bidang keuangan dalam pengambilan keputusan keuangan. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya. Kata Kunci: Pendidikan Keuangan, Agen Sosialisasi Keuangan, Sikap Keuangan, Literasi Keuangan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Kinerja Keuangan Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402163157 INNE YOURIKA |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:33 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24161 |
Actions (login required)
View Item |