PERAN WARGA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi multi situs di MIN Purwokerto Srengat Blitar dan MIN Slemanan Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018)

M. ALFIYANUL HAKIM, 17505164026 (2018) PERAN WARGA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi multi situs di MIN Purwokerto Srengat Blitar dan MIN Slemanan Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Alfiyanul Hakim, Mohamad, 2018. Peran Warga Dalam Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup” (Studi Multi Situs di MIN Purwokerto Srengat Blitar dan MIN Slemanan Udanawu Blitar).Tesis.Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing (1) Dr. H. Nur Kholis, M.Pd dan (2) Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Peran Warga Sekolah, Pendidikan Lingkungan Hidup Pendidikan lingkungan hidup menjadi salah satu alternatif yang rasional untuk memasukkan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum, dalam implementasi pendidikan lingkungan hidup di sekolah peran warga sekolah sangatlah penting untuk menunjang tercapainya tujuan dari pendidikan lingkungan hidup tersebut, warga sekolah itu yakni kepala sekolah, guru, siswa, dan pihak lain yang masih berhubungan dengan sekolah. MIN Purwokerto Srengat Blitar dan MIN Slemanan Udanawu Blitar merupakan sebahagian diantara Madrasah di Kabupaten Blitar yang sudah menerapkan pendidikan lingkungan hidup di sekolahnya. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana bentuk keterlibatan warga sekolahdalam mewujudkan PLH, Strategi PLH, serta hasil dari peran warga sekolah dalam mewujudkan PLH di MIN Purwokerto Srengat Blitar dan MIN Slemanan Udanawu Blitar. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan keterlibatan warga sekolah dalam mewujudkanPLH, Strategi PLH dan Hasil yang didadapat warga sekolah setelah mewujudkan PLH implementasi pendidikan lingkungan hidup di dua sekolah ini, faktor penghambat dan pendukung dalam implementasinya serta peran warga sekolah dalam implentasi pendidikan lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan desain multisitus. Penelitian dilakukan di (1) MIN Tegalasri Wlingi Blitar (2) MIN Ngaringan Gandusari Blitar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data digunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Penelitian ini menggunakan rancangan studi multisitus maka langkah-langkah yang akan ditempuh pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) melakukan pengumpulan data dari situs pertama, (2) melakukan pengumpulan data dari situs ke dua, (3) melakukan studi lintas situs berdasarkan temuan yang berupa proposisi-proposisi dari kedua sekolah tersebut. Dan dilanjutkan dengan analisis data lintas kasus. Hasil penelitian ini adalah: (1) keterlibatan kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan lingkungan hidup yaitu sebagai pemimpin (leader) memberi kebijakan, sebagai supervisor, edukator (pendidik), menjadi inovator. Peran guru dalam implementasi pendidikan lingkungan hidup yaitu sebagai pemimpin (leader), sebagai motivator, edukator (pendidik), menjadi evaluator. Peran siswa dalam implementasi pendidikan lingkungan hidup sebagai pelaku utama atau pelaksana pendidikan untuk mewujudkan tujuan sekolah. (2) Implementasi kegiatan pendidikan lingkungan hidup di dua madrasah ini melalui 2 cara, yakni melalui kegiatan belajar mengajar dan aplikasi langsung (praktek). Pertama, implementasi pendidikan lingkungan hidup melalui kegiatan belajar mengajar ini terbagi menjadi dua pola, pertama; melalui muatan lokal pendidikan lingkungan hidup, kedua; dengan mengintegrasikan muatan lokal pendidikan lingkungan hidup kedalam seluruh mata pelajaran. Kedua, implementasi pendidikan lingkungan hidup melalui aplikasi langsung (praktek) dilakukan melalui kegiatan rutin, keteladanan kepala sekolah dan guru, kegiatan spontan, serta pengkondisian lingkungan. (3) Hasil dari peran warga sekolah dalam mewujudkan pendidikan lingkungan hidup yaitu tumbuhnya karakter peduli terhadap lingkungan, lingkungan sekolah bersih dan nyaman, dikenal oleh pihak-pihak terkait dan mendapatkan penghargaan dari instansi terkait.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 17505164026 M. ALFIYANUL HAKIM
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:56
Last Modified: 20 Jan 2022 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24199

Actions (login required)

View Item View Item