PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MI ASSAFI’IYAH PIKATAN WONODADI BLITAR TAHUN 2010/2011

M.ARIE PRAJA S., M.ARIE PRAJA S. (2011) PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MI ASSAFI’IYAH PIKATAN WONODADI BLITAR TAHUN 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
Abstrak.doc

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (141kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (125kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (35kB)
[img] Text
cover.doc

Download (99kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (38kB)
[img] Text
Cover 2.doc

Download (58kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Latar Belakang Masalah: Baik dan buruk pribadi manusia juga ditentukan oleh lingkungan di sekitarnya, baik itu teman, orang tua, guru maupun masyarakat dan juga pendidikan yang ditanamkan sejak kecil dalam kehidupan sehari-harinya. Anak yang masa kecilnya tidak mendapatkan pendidikan agama dalam hidupnya, maka akan berpengaruh negatif terhadap akhlak dibentuknya, karena pendidikan agama dapat turut membentuk akhlak seorang anak. Rumusan Masalah: 1. Bagaimana peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak kepada Tuhan di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar?, 2. Bagaimana peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak kepada sesama di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar?, 3. Bagaimana peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak kepada diri sendiri di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak kepada Tuhan di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar; 2. Untuk mengetahui peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak kepada sesama di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar; 3. Untuk mengetahui peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak kepada diri sendiri di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar. Metode Penelitian: 1. Pola penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis diskriptif. 2. Populasi : seluruh siswa MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar berjumlah 118 siswa; Sampling : Stratified Random Sampling; Sampel : 30 siswa. 3. Variabel: variabel tunggal yaitu peranan pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa; Sumber Data: responden yaitu siswa, guru dan Kepala Madrasah; dokumentasi. 4. Metode dan Instrumen Pengumpulan Data; observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. 5. Tehnik Analisa Data:1. Data kuantitatif menggunakan tehnik analisa statistik “persentase”. Hasil Penelitian: 1. Bahwa peranan pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa kepada Tuhan di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar adalah baik; 2. Bahwa peranan pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa kepada sesama di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar adalah baik; 3. Bahwa peranan pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa kepada diri sendiri di MI Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar adalah baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2015 03:38
Last Modified: 29 Sep 2015 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item View Item