PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

Yudistira, Alip (2009) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Abstrak Qu.doc

Download (29kB)
[img] Text
Asampul baru.doc

Download (90kB)
[img] Text
Bab I ku.doc

Download (84kB)
[img] Text
Bab II ku.doc

Download (163kB)
[img] Text
bab III ku.doc

Download (97kB)
[img] Text
Bab IV ku.doc

Download (520kB)
[img] Text
Bab V ku.doc

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.doc

Download (28kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Berkat adanya revolusi teknologi komunikasi, banyak sumber belajar yang dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar, sumber belajar itu tentu sangat mendukung di Sekolah Dasar maupun pada jenjang atau tingkat yang lainnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? Dalam hal ini penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. Maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian Sesuai tujuan penelitian, maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif, populasi yang dijadikan sasaran adalah seluruh siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung sejumlah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Random Sampling, yaitu sesuai dengan maksud dan tujuan penulis. Dari jumlah populasi 324 anak, penulis mengambil sampel dari kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa. . Sedangkan untuk memperoleh data digunakan angket interview dan dokumentasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa Chi Kuadrat. 1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Cetak terhadap prestasi belajar siswa. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Lingkungan terhadap prestasi belajar siswa. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian, disarankan (1) Sumber balajar yang tersedia lebih dimanfaatkan lagi secara optimal. (2) Bagi siswa perlu ditingkatkan lagi prestasi belajar pada semua mata pelajaran. (3) Untuk meningkatkan prestasi belajar guru disarankan lebih mendorong siswa untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2015 04:36
Last Modified: 29 Sep 2015 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2433

Actions (login required)

View Item View Item