SISTEM PEMBERIAN UPAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN (Studi Kasus Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Desa Sukowidodo, Kecamatan Karangrejo, Tulungagung)

NUR MOHAMMAD FURIZAL, 12402173590 (2021) SISTEM PEMBERIAN UPAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN (Studi Kasus Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Desa Sukowidodo, Kecamatan Karangrejo, Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Sistem Pemberian Upah Pekerja dalam Perspektif Ekonomi Islam guna Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan (Studi Kasus Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Desa Sukowidodo, Kecamatan Karangrejo, Tulungagung)” ini ditulis oleh Nur Mohammad Furizal, (NIM) 12402173590, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan dosen pembimbing Mochamad Chobir Sirad, M. Pd.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai pemberian upah yang terjadi di Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Tulungagung. Seperti yang telah diketahui bahwa upah sangat penting dalam menunjang kehidupan baik pekerja maupun keluarganya. Oleh karena itu, perlu dikaji mengenai sistem pemberian upah pekerja di Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Tulungagung terkait kesejahteraan pekerja dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini mempunyai fokus penelitian yaitu bagaimana sistem pemberian upah yang dilakukan Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Tulungagung dan tinjauan dari perspektif ekonomi Islam, serta bagaimana pemberian upah dalam kaitannya dengan kesejahteraan pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pemberian upah yang dilakukan Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Tulungagung dan tinjauan dari perspektif ekonomi Islam terhadap sistem pemberian upah, serta menganalisa kaitan pemberian upah dengan kesejahteraan pekerja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sedangkan sumber data yang diperoleh dari hasil pengamatan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknis analisis yang digunakan melalui tahap pemilihan hal pokok dan hal yang penting dilapangan sehingga, sehingga pemaparan data bisa dipahami pada kasus yang saat itu diteliti. Terakhir dengan menyimpulkan memperoleh tujuan dari sebuah penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Sistem pemberian upah yang digunakan di Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Tulungagung menggunakan sistem upah jangka waktu, yang diberikan setiap minggunya dan juga ada uang lembur. Sistem pemberian upah berdasarkan perpektif Islam berlandaskan keadilan dan kelayakan sudah diterapkan pada Industri Kubah Masjid Sido Joyo (Seribu Kubah) Tulungagung, yang mana upah yang diterima sudah sesuai perjanjian diawal dan di paparkan secara transparan oleh pemilik sehingga tidak ada yang terdzalimi. 2). Upah yang didapatkan pekerja bervariasi tergantung dengan jumlah jam dan lamanya mereka bekerja di industri tersebut, ada yang dibawah UMR dan juga ada yang sesuai UMR, dan kesejahteraan mereka meningkat karena mereka menjadi punya penghasilan tetap bahkan bisa untuk ditabung, Kata Kunci: Ekonomi Islam, Kesejahteraan, Pekerja Dan Sistem Upah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173590 NUR MOHAMMAD FURIZAL
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:07
Last Modified: 28 Jan 2022 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24483

Actions (login required)

View Item View Item