Miswanto, Miswanto (2014) Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kreativitas Berpikir Matematika Siswa Kelas VII di MTsN Karangrejo. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian Awal lengkapQ.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV n V.pdf Download (623kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Kecerdasan Visual-Spasial dan Kreativitas Berpikir Matematika. Manusia dianugerahi kecerdasan yang bermacam-macam oleh Allah. Menurut Howard Gardner kecerdasan ada 8 macam. Tetapi pendidikan Indonesia masih cenderung mengoptimalkan satu atau dua potensi kecerdasan saja yaitu matematika dan linguistik. Sedangkan dalam pelajaran matematika tidak hanya menghitung saja tetapi juga melihat grafik atau menggambar kurva serta menganalisis gambar. Hal ini membutuhkan kecerdasan visual-spasial siswa. Dalam belajar matematika juga diperlukan kreativitas berpikir siswa. Kreativitas berpikir mempunyai peran penting bagi perkembangan potensi siswa secara utuh dan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan seni budaya. Sehingga peneliti ingin melihat pengaruh antara dua variabel yaitu pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kreativitas berpikir siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kreativitas berpikir matematika siswa kelas VII di MtsN Karangrejo. Dan 2) Seberapa besar pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kreativitas berpikir matematika siswa kelas VII di MtsN Karangrejo. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kreativitas berpikir matematika siswa kelas VII di MtsN Karangrejo. Dan 2) untuk mengetahui besar pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kreativitas berpikir matematika siswa kelas VII di MtsN Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 325 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel probabilita tipe cluster random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VII B yaitu berjumlah 36 siswa.. pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan bantuan SPSS 16,0 dengan uji analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data didapat nilai r = 0,552 dan bernilai positif maka terdapat pengaruh positif (pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kreativitas berpikir matematika siswa kelas VII di MtsN Karangrejo). Besarnya pengaruh ditentukan oleh koefisien determinasi r2 = 0,305 atau sebesar 30,5% berarti bahwa meningkatnya atau menurunnya tingkat kreativitas berpikir matematika siswa sebesar 30,5% dapat dijelaskan oleh penemuan pengaruh kecerdasan visual-spasial siswa. xvi Uji signifikansi untuk persamaan regresi yaitu dengan membandingkan harga Fempirik dengan Fteoritik yang terdapat dalam tabel nilai F dengan menggunakan db = 1 dan 34 didapatkan harga Fteoritik sebesar 4,13 pada taraf 5% dan Fempirik sebesar 14,894 berdasarkan harga F tersebut dapat dibuktikan bahwa Fempirik lebih besar dari Fteoritik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga F regresi yang ditemukan signifikan dan lebih jauh dapat diinterpretasikan bahwa persamaan regresi Y = 3,028 + 0,059 X merupakan persamaan regresi yang signifikan yaitu yang dapat digunakan untuk meramalkan besarnya variabel kriterium tingkat kreativitas berpikir siswa (Y) berdasarkan variabel prediktor kecerdasan visual-spasial (X).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 02:31 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 02:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/245 |
Actions (login required)
View Item |