WIDIAWATI, VILA (2009) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMK SORE TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.doc Download (23kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (233kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (537kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (162kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (25kB) |
|
Text
COVER.doc Download (230kB) |
Abstract
Kata kunci : Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pendidikan agama merupakan pelajaran wajib yang diberikan pada jenjang pendidikan yanga da di Indonesia baik pada tingkat dasar, menengah maupun jenjang pendidikan tinggi agar mampu membentuk akhlak serta kepribadian anak didik sesuai dengan ajaran agama Islam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apa tujuan Pendidikan Agam Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung ? (2) Mengapa Pendidikan Agama Islam itu dianggap penting dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana proses pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung? Skripsi ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan memahami tujuan pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung. (2) Untuk mengetahui dan memahami Pendidikan Agama Islam itu dianggap penting dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung. (3) Untuk mengetahui dan memahami proses pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung. Kegunaan penelitian: 1. Dapat dijadikan sebaga masukan atau sumbangan pikiran, 2. Hasil penelitian akan bermanfaat sebagai input para guru, 3. Dapat dijadikan masukan ang konstruktif, merupakan dokumen dan kerangka untuk menentukan kebijaksanaan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan kualitas pem, 4.Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan, 5. Dapat dijadikan sebagai bahan penambah pengetahuan dan wawasan dalam bidang studi pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk menghimpun data dan dapat diamati oleh peneliti. Wawancara ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang implementasi pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung. Sedangkan dokumentasi untuk dijadikan alat pengumpulan data dari bahan tertulis yang terdiri dari dokumen resmi, bukan dokumen pribadi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menghasulkan penelitian bahwa (1) Tujuan pendidikan agama Islam di SMK Sore Tulungagung adalah menanamkan, memupuk dan mengembangkan sikap cinta dan taqwa kepada Allah SWT dan terbentuknya manusia yang berakhlak mulia dan berbudi yang luhur serta memahami dan mengajarkan agama Islam. (2) Akhlak merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan karena sepandai-pandainya seseorang jika tidak memiliki akhlak yang baik dan membawa malapetaka bagi dirinya maupun orang lain. (3) Proses pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Sore Tulungagung yaitu dengan melatih melakukan perbuatan yang mulia sehingga menjadi kebiasaan dan kebiasaan biasa menjadi suatu adat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2015 03:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2015 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2450 |
Actions (login required)
View Item |