MOHAMMAD MAULANA ZEIN AKBAR, 12204173172 (2022) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (119kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, siswa dituntut untuk memahami apa yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa tidak hanya menghafal tetapi juga memahami konsep dan prosedur dari materi yang diberikan agar dapat bertahan lama dalam ingatan siswa itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya penanaman pemahaman konseptual dan prosedural dalam setiap penyampaian materi oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Kelas VIII dengan materi SPLDV berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan kemampuan matematika (Tinggi, Sedang, Rendah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan subyek 6 siswa yang meliputi: 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah.Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan ketekunan pengamatan, tiangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV: (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan semua soal dan mampu menjelaskan dengan benar, (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang, mampu menyelesaikan soal dan menjelaskan dengan benar, tetapi ada satu subyek yang hanya mampu menyelesaikan satu soal, (3) subyek yang memiliki kemampuan matematika rendah tidak mampu menyelesaikan semua soal dengan benar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika > Linear Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173172 Mohammad Maulana Zein Akbar |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 03:25 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24526 |
Actions (login required)
View Item |