QOMARIYAH, SITI (2009) IMPLEMENTASI METODE KETAULADANAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU SISWA DI MTs NEGERI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
BAB I - V.doc Download (461kB) |
|
Text
COVER.doc Download (183kB) |
Abstract
Siti Qomariyah, 2009, NIM. 3211043079. Implementasi Metode Ketauladanan Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Tingkah Laku Siswa di MTs N Karangrejo Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing: Drs. H. Munardji, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa keteladanan dari seorang guru yang mencakup segala perkataan dan perbuatannya dapat mempengharuhi tingkah laku siswa untuk cenderung menerapkan perilaku terpuji dan menghindari perilaku tercela. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa siswa akan meniru dan mencontoh segala tindak tanduk yang dilakukan oleh seorang guru. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini ialah (1) Bagaimana metode ketauladanan mata pelajaran akidah akhlak dalam menerapkan perilaku terpuji pada diri sendiri. (2) Bagaimana metode ketauladanan mata pelajaran akidah akhlak dalam menghindari perilaku tercela pada diri sendiri. (3) Bagaimana metode ketauladanan mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk tingkah laku siswa. Tujuan penelitian: (1) Untuk menjelaskan bagaimana metode ketauladanan mata pelajaran akidah akhlak dalam menerapkan perilaku terpuji pada diri sendiri. (2) Untuk menjelaskan bagaimana metode ketauladanan mata pelajaran akidah akhlak dalam menghindari perilaku tercela pada diri sendiri. (3) Untuk menjelaskan metode katuladanan mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk tingkah laku siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan fisik yang berkenaan dengan MTs N Karangrejo Tulungagung dan sebagai catatan lapangan hasil interview dengan subyek. Sedangkan metode observasi dan interview digunakan untuk menggali data yang ada pada subyek. Hasil Penelitian: metode ketauladanan memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mencapai keberhasilan pendidikan. Karena secara psikologi, anak didik banyak meniru dan mencontoh perilaku sosok figurnya termasuk diantaranya adalah para pendidik. Oleh karena itu, ketauladanan banyak kaitannya dengan perilaku dan perilaku yang baik adalah tolak ukur keberhasilan pendidikan. Kepribadian guru akidah akhlak sangat berpengaruh terhadap tingkah laku siswa. Baik kepada sesama teman maupun pada seorang guru. Hal ini dapat dilihat dari beberapa sifat dan karakter siswa yang ditampakkan melalui tingkah laku keseharian. Dengan demikian apabila seorang guru dianggap sebagai figur mempunyai kepribaidan yang mulia maka guru akan bisa menumbuhkan sifat dan sikap yang mulia pada siswa-siswanya, baik kepada guru, teman atau bahkan kepada sesama manusia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2015 02:06 |
Last Modified: | 02 Oct 2015 02:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2457 |
Actions (login required)
View Item |