PENGARUH KUALITAS AUDIT, KOMITE AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (Ditinjau Dari Perspektif Akuntansi Syariah)

WIWIT PUTRI ALFIYANI, 12403173257 (2021) PENGARUH KUALITAS AUDIT, KOMITE AUDIT DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (Ditinjau Dari Perspektif Akuntansi Syariah). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (893kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Audit, Komite Audit dan Ukuran Perusahaan tehadap Kualitas Pelaporan Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (Ditinjau dari Perspektif Akuntansi Syariah)” ini di tulis oleh Wiwit Putri Alfiyani, NIM. 12403173257, jurusan Akuntansi Syariah IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilator belakangi oleh pentingnya penyajian pelaporan keuangan perusahaan guna memberikan informasi yang dibutuhkan oleh investor. Dengan perusahaan meyajikan pelaporan keuangan, maka kondisi ekonomi perusahaan atau ukuran perusahaan dapat diketahui oleh pihak luar atau investor. Kualitas pelaporan keuangan berkaitan dengan kinerja perusahaan secara keseluruhan yang tercermin dari laba perusahaan dan kinerja pasar modal perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki kualitas audit dan tim komite audit, karena semua kegiatan operasional di perusahaan memiliki standart yang ditetapkan dalam rangka mencapai maksud dan tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, (1)Pengaruh kualitas audit terhadap kualitas pelaporan keuangan yang diproksikan dengan ukuran KAP. (2)Pengaruh komite audit terhadap kualitas pelaporan keuangan yang diproksikan dengan jumlah anggota komite audit. (3)Pengaruh ukuran perusahaan terhadap kualitas pelaporan keuangan yang diproksikan dengan logaritma total asset. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2017- 2020. Dan diperoleh 12 perusahaan dengan periode penlitian 2017-2020. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan dan dokumentasi. Pengolahan datamenggunakan software eviews9. Alat statistic yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1)kualitas audit berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kualitas pelaporan keuangan perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic index tahun 2017-2020. (2)Komite audit tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic index tahun 2017-2020. (3)Sedangkan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic index tahun 2017-2020 dengan arah positif. Secara simultan dapat disimpulkan bahwa kualitas audit, komite audit, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh secara simultan terhadap kualitas pelaporan keuangan perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic index tahun 2017-2020. Kata Kunci : Kualitas Audit, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Kualitas Pelaporan keuangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403173257 WIWIT PUTRI ALFIYANI
Date Deposited: 31 Jan 2022 05:43
Last Modified: 31 Jan 2022 05:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item View Item