PENGARUH DIVIDEND PAYOUT RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN RETURN ON ASSET TERHADAP INCOME SMOOTHING (PERATAAN LABA) (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020)

IIN NUR AZIZAH, 12406173045 (2022) PENGARUH DIVIDEND PAYOUT RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN RETURN ON ASSET TERHADAP INCOME SMOOTHING (PERATAAN LABA) (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Dividend Payout Ratio, Loan To Deposit Ratio, Kualitas Aktiva Produktif dan Return On Asset Terhadap Income Smoothing Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020” ini ditulis oleh Iin Nur Azizah, NIM. 12406173045. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, jurusan Manajemen Keuangan Syariah, IAIN Tulungagung, pembimbing Citra Mulya Sari, M.E. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perusahaan yang dituntut untuk meningkatkan nilai perusahaan agar kinerja perusahaan tetap optimal, usaha yang dilakukan pengelola oleh perusahaan adalah dengan menaikkan kinerja perusahaan. Yang dilihat melalui laporan keuangannya terutama pada laba. Namun di lain hal perusahaaan juga menginginkan supaya laba itu stabil dan tidak berfluktuasi secara berlebih agar sasaran yang diharapkan mendapatkan kepercayaan penuh oleh pemegang0saham dalam pengambilan suatu keputusan dengan melakukan tindakan perataan laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan variable Dividend Payout Ratio, Loan To Deposit Ratio, Kualitas Aktiva Produktif dan Return On Asset Terhadap Income Smoothing pada perusahaan perbankan yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling. Data yang digunakan data sekunder yaitu dari laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan yang berjumlah 37 perusahaan periode tahun 2015-2020. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Variabel Dividend Payout Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perataan Laba (Income smoothing) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020. 2). Variabel Loan To Deposit Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perataan Laba (Income smoothing) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020. 3). Variabel Kualitas Aktiva Produktif berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Perataan Laba (Income smoothing) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020. 4). Variabel Return On Asset berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Perataan Laba (Income smoothing) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020. 5). Secara simultan Dividend Payout Ratio, Loan To Deposit Ratio, Kualitas Aktiva Produktif, dan Return On Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perataan Laba (Income smoothing) pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2020. Kata kunci : Dividend Payout Ratio, Loan To Deposit Ratio, Kualitas Aktiva Produktif, Return On Asset, dan Perataan Laba (Income Smoothing)

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Ekonomi > Laba
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12406173045 IIN NUR AZIZAH
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:55
Last Modified: 03 Feb 2022 04:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24586

Actions (login required)

View Item View Item