APLIKASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII MTsN TUNGGANGRI

ROHMAN, MUHAMMAD JAINUL (2009) APLIKASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII MTsN TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (25kB)
[img] Text
Bab 1 Edit.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (153kB)
[img] Text
BAB III a.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (34kB)
[img] Text
Cover + Lampiran.doc

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.doc

Download (41kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “ Aplikasi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih siswa Kelas VIII MTsN Tunggangri Tahun Pelajaran 2008/2009” ini ditulis oleh Muhammad Jainul Rohman, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 2311053050 tahun 2009 dibimbing oleh Drs. H. Abdul Manab, M.Ag. Kata kunci :Aplikasi,pembelajaran kontekstual,pemahaman pelajaran fiqih. Latar Belakang Masalah: Perkembangan dunia pendidikan yang begitu pesat harus diimbnagi dengan sumber daya manusia yang cerdas untuk menghadapinya, dunia pendidikan sebagai salah satu jalur pematangan jiwa dan fisik manusia haruslah mempunyai suatu pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran. Dulu pendidikan disekolah hanya memberikan berbagai fakta-fakta dan teori-teori yang harus dihafal dan ketika siswa menjawab pertanyaan guru dianggap menguasai materi. Tetapi pendidikan sekolah sekarang bukanlah seperti itu, pendidikan sekolah sekarang haruslah memberikan ilmu-ilmu pengetahuan yang berisi teori-teori dan juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sangatlah cocok di terapkan di dalam pelajaran fiqih yang mana berisi syarat-syarat tetapi juga melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan Masalah: (1)Bagaimana aplikasi pembelajaran kontekstual kelas VIII di MTsN Tunggangri? (2) Bagaimana pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman Fiqih peserta didik kelas VIII di MTsN Tunggangri? (3) Bagaimana teknik pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman Fiqih peserta didik kelas VIII di MTsN Tunggangri? Metode Penelitian: (1) Pola dan jenis penelitian : Kualitatif, (2) Kehadiran peneliti: peneliti hadir di MTsN Tunggangri Kalidawir, (3) Sumber data: Informan terdiri dari kepala sekolah, tenaga pengajar khususnya guru Fiqih kelas VIII, (4) Metode pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi, (5) Analisis data: Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif, (6) Pengecekan keabsahan temuan: Trianggulasi, Pembahasan sejawat, memperpanjang waktu penelitian, meningkatkan ketekunan. Hasil-hasil Penelitian: (1) Dalam melaksanakan proses pembelajaran MTsN Tunggangri Kalidawir menggunakan pendekatan kontekstual, (2) Dengan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan guru fiqih siswa-siswa menyambut baik dan lebih memberikan motifasi siswa dalam belajar dan melaksanakan materi fiqih yang diajarkan disekolah dalam kehidupan sehari-hari, (3) Teknik dan pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Kontruktivisme, Questioning, Inquery, Learning Community, Modelling Authetic assessment.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2015 02:23
Last Modified: 02 Oct 2015 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item