TINGKAT BERPIKIR KREATIF DALAM MEMAHAMI OPERASI ALJABAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG BERDASARKAN JENIS KELAMIN

WILDAN MUSTOFA, 2814123154 (2016) TINGKAT BERPIKIR KREATIF DALAM MEMAHAMI OPERASI ALJABAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG BERDASARKAN JENIS KELAMIN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mustofa, Wildan, 2016, Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Memahami Operasi Aljabar Peserta Didik Kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Berdasarkan Jenis Kelamin. Skripsi, Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Pembimbing : Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Berpikir, Kreatif, Aljabar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh orientasi pembelajaran matematika saat ini diupayakan menekankan pada pengajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu berpikir kritis dan berpikir kreatif. Matematika merupakan ilmu dasar yang terus mengalami perkembangan baik dalam segi teori maupun segi penerapannya. Sebagai ilmu dasar, matematika digunakan secara luas dalam segala bidang kehidupan manusia, sehingga diperlukan suatu upaya dalam pengajaran matematika agar dapat terlaksana secara optimal sehingga setiap peserta didik dapat memahami matematika dengan baik. Maka dari itu, dalam hal berpikir kreatif sangat dibutuhkan oleh seorang peserta didik. Mengingat bahwa cara berpikir peserta didik yang mana memiliki kemampuan berpikir terutama berpikir kreatif yang berbeda-beda, salah satu diantaranya kemampuan berpikir antara laki-laki dan perempuan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Tingkat Berpikir Kreatif Peserta Didik Laki-laki Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Dalam Memahami Operasi Aljabar. 2) Untuk mendeskripsikan Tingkat Berpikir Kreatif Peserta Didik Pertempuan Kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Dalam Memahami Operasi Aljabar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara yang dilakukan terhadap siswa, dan 3) menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peserta didik laki-laki dalam berpikir kreatif cenderung memenuhi komponen berpikir kreatif fleksibilitas. Kefasihan muncul hanya beberapa kali saja. Hal tersebut membuat ingkat berpikir kreatif peserta didik laki-laki rata-rata adalah tingkat 2. Yang paling tinggi pada laki-laki adalah tingkat 3 sedangkan yang terendah adalah tingkat 1. 2) peserta didik perempuan dalam berpikir kreatif peserta didik perempuan cenderung memenuhi komponen berpikir kreatif fleksibilitas dan kefasihan. Hal tersebut mengantarkan pada tingkat berpikir kreatif peserta didik perempuan rata-rata pada tingkat 3. Untuk yang paling terendah adalah tingkat 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123154 wildan mustofa
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:35
Last Modified: 03 Feb 2022 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24697

Actions (login required)

View Item View Item