UPACARA MENDEM GOLEKAN DALAM TRADISI SUROAN SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL (Studi Etnografi: Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri)

VITRI DIA SUKMAWATI, 12209173096 (2021) UPACARA MENDEM GOLEKAN DALAM TRADISI SUROAN SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL (Studi Etnografi: Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sukmawati, Vitri Dia, 2021. Upacara Mendhem Golekan dalam Tradisi Suroan sebagai Wujud Pelestarian Kearifan Lokal (Studi Etnografi: Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri). Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dita Hendriani, M.A. Kata Kunci : Pelestarian Kearifan Lokal, Upacara Adat, Tradisi Suroan, Mendhem Golekan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tradisi daerah yang ada di Indonesia khususnya di Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Tradisi ini menyita banyak perhatian karena sangat unik dan rangkaian acaranya yang menarik. Namun, banyak masyarakat yang kurang mengetahui tentang sejarah dan maksud tradisi ini masih dilakukan hingga saat ini. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana sejarah mendhem golekan dalam tradisi suroan sebagai wujud pelestarian kearifan lokal di Desa Kandangan Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan tradisi mendhem golekan dalam tradisi suroan sebagai wujud pelestarian kearifan lokal di Desa Kandangan Kabupaten Kediri? (3) Apa tujuan tradisi mendhem golekan dalam tradisi suroan sebagai wujud pelestarian kearifan lokal di Desa Kandangan Kabupaten Kediri?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejarah, pelaksanaan, dan tujuan tradisi tersebut dilakukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini yaitu pada upacara adat mendhem golekan di Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan pemberian simpulan. Selain itu penelitian ini menggunakan triangulasi guna melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upacara mendhem golekan merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan pada hari Jumat Pahing pada bulan suro. Tradisi ini dilakukan dengan cara mengarak boneka yang menyerupai bayi kembar yang nantinya akan dikuburkan di dua tempat di yang ada di Desa Kandangan. Dengan diadakannya tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang telah diberikan pada masyarakat Desa Kandangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173096 VITRI DIA SUKMAWATI
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:11
Last Modified: 07 Feb 2022 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24772

Actions (login required)

View Item View Item