Interpretasi Siswa Terhadap Simbol Huruf Dalam Aljabar

Syaiful Hadi, 197711032011011007 (2016) Interpretasi Siswa Terhadap Simbol Huruf Dalam Aljabar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Pendidikan Matematika (Semnasdikta II) 2016 Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Tulungagung, 1 (1). ALIM'S PUBLISHING JAKARTA, Tulungagung. ISBN 978-602-61302-0-4

[img] Text
FULL-PAPER-PROSIDING-SEMNASDIKTA-2-IAIN-TULUNGAGUNG-2016_Rev.2-halaman-1-7,31-35.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep variabel mulai dipelajari ketika ada perubahan dari aritmatika ke aljabar. Secara matematis variabel biasanya diwakili oleh simbol huruf-huruf dari alfabet, yang bisa terdiri dari nilai bilangan atau obyek aljabar lainnya. Oleh karena itu cara siswa dalam menginterpretasikan penggunaan simbolsimbol huruf sebagai obyek matematika sangat penting untuk diketahui untuk belajar lebih lanjut tentang aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan interpretasi siswa dalam menggunakan simbol-simbol huruf dalam aljabar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan masuk ke dalam jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VII dengan mengerjakan tes materi aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung untuk menginterpretasikan simbol huruf hanya sebagai bilangan asli.

Item Type: Book
Subjects: Matematika
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. 197711032011011007 Syaiful Hadi
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:25
Last Modified: 11 Apr 2023 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24878

Actions (login required)

View Item View Item