INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SANTRI (Studi Multisitus di Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen dan Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan)

BINTANG SUNNY HAKIMAH, 12506194015 (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SANTRI (Studi Multisitus di Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen dan Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Membentuk Perilaku Sosial Keagamaan Santri (Studi Multisitus di Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen dan Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan)” ini ditulis oleh Bintang Sunny Hakimah, NIM. 12506194015, Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Agama Islam, Perilaku Sosial Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya tata krama kehidupan sosial dan etika moral dalam pergaulan, yang menyebabkan munculnya sejumlah efek negatif di lingkungan masyarakat. Hal tersebut karena kurangnya kesadaran diri untuk berbuat baik kepada orang lain. Maka, perlu upaya meningkatkan kesadaran diri dalam berhubungan dengan orang lain dari sisi keagamaan. Karena Agama merupakan kepercayaan yang dapat membentuk perilaku sosial sesorang. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam membentuk perilaku sosial keagamaan santri di Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen dan Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan ? (2) Bagaimana metode internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam membentuk perilaku sosial keagamaan santri di Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen dan Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan? (3) Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam membentuk perilaku sosial keagamaan santri di Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen dan Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan? Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, perpanjang penelitian dan ketekukan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses internalisasi nilai-nilai Agama Islam melalui beberapa tahap, yaitu memberikan informasi kepada santri, lalu menjalin komunikasi dua arah untuk memberikan nilai kepada santri, dan santri memahami nilai-nilai Agama Islam lalu menerapkan dalam bentuk perilaku sosialnya sesuai dengan pemahaman dan contoh yang dilihat. (2) metode internalisasi nila-nilai Agama Islam dalam membentuk perilaku sosial keagamaan santri, meliputi pengajian, keteladanan, dan pembiasaan. (3) hasil internalisasi nilai-nilai Agama Islam dalam membentuk perilaku sosial keagamaan santri adalah terbentuk perilaku sosial yang sesuai dengan nilai-nilai Agama Islam, diantaranya seperti sopan santun, rendah hati, persaudaraan, mandiri dan silaturahmi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194015 BINTANG SUNNY HAKIMAH
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:02
Last Modified: 01 Mar 2022 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24888

Actions (login required)

View Item View Item