PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK REMAJA PUTRI DI RW. 04 DUSUN POJOK DESA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

REVA NUR AZIZAH, 12201173178 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK REMAJA PUTRI DI RW. 04 DUSUN POJOK DESA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Remaja Putri di Rw.04 Dusun Pojok Desa Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Reva Nur Azizah, NIM.12201173178, pembimbing Bapak Saiful Bahri S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembinaan Akhlak Remaja Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada saat ini keberhasilan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tidak seimbang dengan kemajuan moral akhlak remaja. Utamanya yang banyak mendapat perhatian dari hal tersebut adalah remaja putri. Bahkan beberapa kasus diantaranya yang kerap ditemui dalam masyarakat yakni Married By Accindent (MBA) pada anak remaja usia sekolah menengah. Menurut informasi yang didapat melalui survei pada lokasi penelitian, khususnya di Rw.04 Desa Pojok ditemukan sekitar 6 kasus yang melibatkan remaja putri dengan permasalahan yang sama. Meski begitu, lokasi tersebut juga memiliki nilai plus dalam hal menampung kegiatan remaja. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kegiatan yang berlangsung dilingkungan tersebut dengan turut melibatkan remaja didalamnya. Selain itu meninjau dari segi latar belakang pemahaman agama orang tua yang berbeda-beda tentunya pembinaan akhlak yang diterima remaja putri juga berbeda-beda. Sehingga, dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui tentang bagaimana peran orang tua dalam pembinaan akhlak remaja putri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran orang tua sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak remaja putri di Rw.04 Dusun Pojok Desa Pojok Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana peran orang tua sebagai suri taulan dalam pembinaan akhlak remaja putri di Rw.04 Dusun Pojok Desa Pojok Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana peran orang tua sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlak remaja putri di Rw.04 Dusun Pojok Desa Pojok Ngantru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran orang tua sebagai pendidik, suri tauladan dan pembimbing dalam pembinaan akhlak remaja putri di Rw.04 Dusun Pojok Desa Pojok Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu data pprimer dan sekunder yang meliputi, 1) person (orang) yaitu, orang tua dan remaja. 2) Paper (kertas/dokumentasi) yaitu berupa dokumentasi foto-foto kegiatan remaja putri dan dokumen pendukung lainnya. 3) place (tempat) yaitu di Rw.04 Dusun Pojok Desa Pojok Ngantru Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dimulai dari reduksi data, analisis/model data dan penarikan kesimpulan Sedangkan formulasi pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (credibility), keteralihan (trasferability), kebergantungan (depedability), dan kepastian (confimability). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) peran orang tua sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak remaja putri meliputi: pertama, membiasakan berbahasa/berbicara santun dengan memberikan arahan berupa nasihat dan contoh teladan secara langsung. Kedua, berperiaku baik dengan memberikan arahan pembiasakan berpamitan, mengucapkan salam, mengakui kesalahan dan meminta maaf serta membiasakan sikap tolong menolong. Ketiga, penanaman nilai-nilai agama dalam hal pembiasakan sholat tepat waktu, membiasakan busana sopan dan berjilbab serta mengajarkan Al-Qur’an. 2) Peran orang tua sebagai suri tauladan dalam pembinaan akhlak yakni pertama, dalam hal pembinaan keteladanan sikap jujur yaitu dengan berani mengakui kesalahan dan meminta maaf, saling berkomunikasi dengan terbuka, dan tidak membiasakan diri berbohong. Kedua, dalam hal keteladanan sikap amanah dan bertanggung jawab yaitu dengan membiasakan untuk tidak mengingkari janji, tepat waktu dan melaksanakan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh. 3) Peran orang tua sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlak remaja putri dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya, melibatkan diri dan menjadi pendengar yang baik untuk remaja, tidak segan memberikan teguran pada kesalahan dan memberikan kepercayaan kepada remaja putri. ABSTRACT The thesis entitled "The Role of Parents in Fostering the Morals of Young Women in Rw.04 Dusun Pojok Ngantru Tulungagung Village" was written by Reva Nur Azizah, NIM.12201173178, advisor Mr. Saiful Bahri S.Ag., M.Pd.I. Keywords: Role of Parents, Youth Moral Development This research is motivated by a phenomenon that at this time the success of the development of Science and Technology is not balanced with the moral progress of adolescent morals. The main thing that gets a lot of attention from this is young women. In fact, some of the cases that are often found in the community are Married By Accident (MBA) in middle school-aged teenagers. According to information obtained through surveys at research sites, particularly in Rw.04, Pojok Village, it was found about 6 cases involving young women with the same problem. Even so, the location also has a plus in terms of accommodating youth activities. This can be seen from the many activities that take place in the environment by involving teenagers in it. In addition, considering the different religious backgrounds of parents, of course, the moral development received by young women is also different. So, in this case the researcher is interested in knowing about the role of parents in fostering the morals of young women. The formulation of the problem in this study is (1) What is the role of parents as educators in fostering the morals of young women in Rw.04 Dusun Pojok, Pojok Village, Ngantru Tulungagung? (2) What is the role of parents as role models in fostering the morals of young women in Rw.04 Dusun Pojok, Pojok Village Ngantru Tulungagung? (3) What is the role of parents as mentors in fostering the morals of young women in Rw.04 Dusun Pojok, Pojok Village, Ngantru Tulungagung?. The purpose of this research is to describe the role of parents as educators, role models and mentors in fostering the morals of young women in Rw.04 Dusun Pojok, Pojok Village, Ngantru Tulungagung. This study uses a qualitative approach with the type of research method used is a case study. The data sources of this research are primary and secondary data which include, 1) person, namely, parents and adolescents. 2) Paper, in the form of documentation of photos of young women's activities and other supporting documents. 3) place, namely in Rw.04 Dusun Pojok Village Pojok Ngantru Tulungagung. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. Data analysis uses an interactive model starting from data reduction, data analysis/modeling and drawing conclusions. Meanwhile, the formulation of checking the validity of the data uses credibility, transferability, dependability, and certainty. The results of this study are as follows: 1) the role of parents as educators in the moral development of young women includes: first, getting used to language/speaking politely by providing directives in the form of advice and direct examples. Second, behaving well by giving directions for the habit of saying goodbye, greeting, admitting mistakes and apologizing and getting used to a helping attitude. Third, inculcating religious values in terms of getting used to praying on time, getting used to polite clothing and veiling and teaching the Qur'an. 2) The role of parents as role models in moral development. first, in terms of fostering an honest attitude, namely by daring to admit mistakes and apologize, communicate with each other openly, and not get used to lying. Second, in terms of exemplary attitude of trust and responsibility, namely by getting used to not breaking promises, being on time and carrying out responsibilities seriously. 3) The role of parents as mentors in fostering the morals of young women can be done in several ways, including being involved and being good listeners for teenagers, not being shy about giving warnings for mistakes and giving confidence to young women.

Item Type: Skripsi
Subjects: Peradilan Islam > Orang Tua
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173178 REVA NUR AZIZAH
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:42
Last Modified: 21 Feb 2022 05:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24892

Actions (login required)

View Item View Item