EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

Fata Shodiqul Amin, - and Syaiful Hadi, 197711032011011007 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Pendidikan Matematika (Semnasdikta) 2015 Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Tulungagung, 1 (1). ALIM'S PUBLISHING JAKARTA, Tulungagung. ISBN 978-602-9300-24-6

[img]
Preview
Text
PROSIDING-SEMNASDIKTA-TMT-IAIN-TA-2015-ber-ISBN-pages-1-7,479-Fata.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran matematika kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together). (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dengan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together) ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together) ditinjau dari kecerdasan logis matematis. pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (4) Untuk mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika di SMPN 2 Sumbergempol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together adalah efektif. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 81,75% dengan kriteria baik, persentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran 83,33% dengan kriteria baik, persentase respons siswa terhadap pembelajaran 82,87% dengan kriteria baik dan ketuntasan hasil belajar siswa 80,95% dengan kriteria tuntas. Dari data tersebut terlihat bahwa pembelajaran matematika adalah Efektif.

Item Type: Book
Subjects: Matematika
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. 197711032011011007 Syaiful Hadi
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:40
Last Modified: 04 Mar 2022 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24916

Actions (login required)

View Item View Item